Warung SGPC Bu Wiryo

Sego Pecel (nasi pecel) merupakan menu yang sudah sangat memasyarakat, apalagi sebagai menu sarapan di pagi hari. Begitu pula dengan sego pecel di warung Bu Wiryo, yang dulu menjadi satu-satunya warung makan di wilayah kampus UGM, Jogja. Bagi para pegawai, dosen dan juga mahasiswa, sego pecel ini sudah menjadi bagian penting apalagi bagi mahasiswa angkatan sebelum tahun 1994.

SGPC ini berisi nasi pecel dengan bayam, taoge dan kacang panjang yang diguyur dengan sambal kacang pedas namun agak sedikit manis. Sedangkan untuk lauknya ada daging ayam, telur mata sapi, telur asin, tahu, tempe, perkedel dan bakwan goreng selalu tersedia. Selain sego pecel, di warung ini juga tersedia sop bayam. Bersama kerupuk dan taburan bawang goreng, pecel dan sop hangat akan semakin nikmat dan juga mengenyangkan. Untuk sepiring sego pecel dan sop bayam dibayar dengan harga Rp 8.000.

Sedangkan untuk menu-menu yang tersedia di warung Bu Wiryo ini memiliki istilah-istilah tersendiri. Kebanyakan menu itu dinamai oleh mahasiswa yang dulu sering makan dan nongkrong di warung, termasuk SGPC, yang menjadi nama warung ini sekarang. SGPC singkatan dari sego pecel (nasi pecel), ada juga SDSB (sop daging sayur bayam), sop tanpa kawat (sop tanpa soun),sop pegatan (sop dan nasi dipisah), dan masih ada menu yang lainnya, ada pula yang agak baru, SBY (sop bayam). Berlaku juga untuk minuman yang tersedia, ada teh mrengut (teh kental), tirto seto (air putih), teh kemul (teh hangat) dan juga teh sengkuni (teh dicampur jeruk). Dan yang tidak boleh dilupakan, ada es tomat yang segar dan populer dikalangan mahasiswa.

Namun sejak ada perluasan Fakultas Teknologi Pertanian, warung yang semula berada di area yang bersebelahan dengan tempat parkir ini, berpindah di depan Fakultas Kedokteran Hewan. Tepatnya berada di Jl. Argo CT VIII, Sleman, sebelah utara selokan Mataram. Menu, keakraban suasana khas mahasiswa dan kecepatan dalam pelayanannya masih menjadi ciri khas yang disukai banyak pelanggannya. Warung SGPC Bu Wiryo ini mulai melayani pelanggannya sejak pukul 6 pagi sampai pukul 9 malam. di warung ini juga ada Live music yang dihadirkan sebagai pengiring di saat para pelanggan menikmati hidangan.

Menu Utama

SGPC (sego pecel) dan SBY (sop bayam)

Photo Gallery