Warung Sate Madura Cak Roman

Pagi-pagi di awal tahun 2012, Saya bersama tim wisatakuliner.com berada di daerah Bendungan Selorejo. Udara di pagi hari masih cukup dingin dengan kabut tipis yang masih menyelimuti, perlahan cahaya matahari mulai menghangatkan dinginnya pagi. Meskipun masih berkabut dan udara masih dingin, di sudut jalan sudah terlihat kesibukan di sebuah warung kecil. Warung itu bernama Warung Sate Madura Cak Roman, terletak di Jl. Raya Selorejo, Ngantang, Malang. Kalau dari arah Wlingi, Blitar, lokasinya bertolak belakang dengan pintu masuk kawasan Wisata Bendungan Selorejo. Sedangkan kalau dari arah Malang, lokasinya tepat berada di area pertokoan sederhana sebelum pertigaan menuju pintu masuk area wisata, sekitar 400 meter sebelum pintu masuk wisata.

Jarum jam masih menunjukkan arah jam 6 pagi lebih sedikit ketika kami sampai di Warung Sate Madura Cak Roman. Para pegawainya sedang sibuk dengan tugasnya masing-masing, arang mulai dibakar hingga berwarna merah menyala. Tusukan sate itu mulai dipanggang di atasnya, dengan cepat kepulan asap mulai menyebarkan aroma sate yang membuat perut semakin lapar. Ternyata pada saat pembakaran menggunakan teknik khusus, tidak asal-asalan, sehingga bisa matang merata dan tidak gosong di sana-sini. Sambil menunggu pesanan, kami duduk-duduk di kursi depan sambil menikmati udara pagi yang masih sangat segar.

Setelah menunggu beberapa menit, akhirnya pesanan sudah tersaji di atas meja yang ada di dalam. Dan kami pun segera masuk untuk menikmati satenya yang dari tadi membuat kami semakin terasa lapar karena aromanya yang menggoda. Seporsi sate masing-masing berisi 10 tusuk dengan sambal kacangnya yang halus dan lembut, serta irisan bawang merah di atasnya. Untuk menikmati satenya, kita bisa memilih nasi atau lontong sesuai dengan selera. Potongan dagingnya lumayan besar dan empuk, sambal kacangnya yang lembut terasa gurih dan sedikit manis. Kalau suka pedas tinggal ditambah sambal, kita juga bisa meminta bumbu kecap untuk satenya sebagai pengganti bumbu kacang. Untuk seporsi sate ayam dibandrol dengan harga 9ribu rupiah. Selain sate, warung ini juga menyediakan soto dan gulai.

Menu Utama

Sate ayam (Rp. 9.000/ porsi)

Photo Gallery