Warung Pok Encum – Jakarta Barat

Biasanya warung Betawi yang kita jumpai hanya menyediakan beberapa menu khas Betawi dalam warungnya. Namun tak demikian dengan Warung Pok Encum yang berada di seberang kantor Bank BCA Palmerah, lebih tepatnya di Jl. Palmerah Barat IV No. 59, Jakarta Barat. Warungnya sederhana dan tidak terlalu luas dengan lahan parkir yang hanya cukup untuk beberapa kendaraan. Di warung yang cukup sederhana ini, kita bisa menemukan berbagai macam hidangan khas Betawi, mulai dari masakan rumahan, soto, asinan dan juga es campur.

Warung yang sudah ada sejak tahu 1970 yang lalu ini, menyediakan soto Betawi dengan beragam pilihan isi. Bisa pilih daging, babat atau campur plus kentang (babat, daging, kikil, paru dan iso). Soto Betawinya sarat rempah-rempah dengan potongan tomat dan kucuran air jeruk limau, membuat aromanya menggugah selera. Serta taburan bawang goreng dan emping yang cukup melimpah, membuat soto ini semakin lengkap. Jika ingin hidangan yang lebih ringan, ada soto mie yang bisa menjadi pilihan. Kuah kaldu soto mie yang bening disajikan dalam mangkuk bersama mi kuning atau bihun, potongan daging yang empuk, potongan risol, tomat dan taburan daun bawang. Tak lupa taburan bawang goreng dan emping yang melengkapinya. Kalau menghendaki sajian yang menyegarkan, asinan Betawinya juga bisa untuk dicoba. Setelah menyantap variasi menu yang tersedia, sebagai penutupnya ada es campur yang menyegarkan.

Ada satu keunikan dari warung Pok Encoum, kalau kita ingin beli untuk dibawa pulang sebaiknya membawa tempat/ wadah sendiri. Karena warung ini tidak menyediakan wadah atau plastik sebagai pembungkusnya. Selain itu, kalau beli untuk dibawa pulang harganya juga lebih mahal dari pada untuk makan di tempat. Selain sajian tersebut, warung ini juga menyediakan lauk dan sayuran khas Betawi, seperti sayur asem, sambal goreng teri kacang, oseng-oseng oncom leunca, tempe orek, empal, semur jengkol, pesmol kembung dan masih banyak yang lainnya. Kalau ingin mencicipi sajian khas Betawi di warung pok encum, sebaiknya menghindari hari kamis. Karena setiap kamis warung ini tutup dan akan buka setiap hari mulai dari jam setengah 10 siang sampai jam 4 sore hari.

Menu Utama

Soto Betawi, Soto Mie, Asinan dan Es Campur

Photo Gallery