Warung Pak Cip

Ikan Pak Cip

Melakukan trip dari Jawa ke Bali memang sangat menyenangkan, apalagi kalau menggunakan kendaraan pribadi, baik dengan sepeda motor maupun kendaran roda dua. Meski perjalanannya cukup melelahkan, tapi kita bisa berhenti sejenak untuk berwisata kuliner maupun di mengunjungi obyek wisata lain yang ada di jalur Jawa-Bali. Salah kuliner yang wajib dicoba kalau sudah berada di daerah Paiton – Probolinggo yaitu Ikan Segar di Warung Pak Cip.

Lokasi Warung Pak Cip tak jauh dari PLTU Paiton, hanya sekitar ±2km ke arah barat PLTU Paiton, Probolinggo. Kalau dari arah PLTU Paiton, warungnya ada di sebelah kiri jalan dengan halaman yang cukup luas dan ditanami pohon mangga yang cukup besar. Untuk menemukannya tidaklah sulit, karena lokasinya tepat berada di sisi jalan Raya Probolinggo-Situbondo. Dulunya warung ini berada di puncak dekat jaringan distribusi PLN, namun kini warung Pak Cip pindah ke tepi jalan raya, sehingga sekarang lebih mudah untuk menemukanya.

Warungnya memang bernama “Warung AC Alam P.CIP”, namun ruangannya tidak dingin seperti di ruangan berAC. Karena memang warung ini menempati ruangan terbuka, sehingga ACnya berasal dari alam.  Warung Pak Cip ini terkenal dengan menu ikan bakar maupun ikan gorengnya yang masih segar. Ketika tim wisatakuliner.com tiba dilokasi, jam masih menunjukkan pukul 9 pagi. Warungnya masih sepi, jadi kami tak perlu antri terlebih dahulu. Karena biasanya, warung ini akan dipenuhi pengunjung pada jam makan siang.

Ada beberapa jenis ikan laut yang disajikan, diantaranya ada kakap, kerapu, dorang dan putihan. Sedangkan jenis seafood yang lainnya, ada cumi-cumi, udang, canang dan baronang. Biasanya sebelum diolah, kita harus memilih ikannya terlebih dahulu. Kebetulan waktu pagi kami datang, hari itu sudah ada beberapa pesanan untuk jam makan siang. Sehingga ada beberapa ikan yang sudah digoreng, jadi kami memutuskan untuk memilih salah satunya.

Setelah sambalnya selesai diulek, dengan segera pesanan kami sudah tersaji di atas meja. Seekor ikan dorang disajikan bersama sebakul nasi putih, secobek sambal tomat yang menggoda selera dan sepiring sayuran yang bervariasi. Kira-kira ada 8 macam sayur rebus dan sayur segar di dalam piring tersebut, ada mentimun, kubis, daun kemangi, daun singkong, daun pepaya, kangkung, genjer dan juga kembang turi (bunga turi). Bagi penyuka sayur, ini merupakan bonus yang menyenangkan tentunya.

Kalau boleh dibilang, selain rasanya yang enak karena ikan yang disajikan masih segar, harganya juga sangat terjangkau. Untuk satu ekor ikan laut bersama sebakul nasi, sepiring sayuran dan secobek sambal, kita hanya perlu mengeluarkan kocek ±15ribu rupiah saja. Namun kalau kita makannya berdua atau lebih dengan tidak menambah ikan, cukup menambah 5ribu rupiah saja untuk setiap orang. Sedangkan untuk ukuran ikannya sendiri cukup besar, bisa untuk makan 2-3 orang untuk setiap ekornya.

Menu Utama

Ikan Laut bakar/ goreng (Rp. 15.000/ paket)

Photo Gallery