Warung Nasi Bu Oom

Warung Nasi Bu Oom

Sudah bukan pemandangan yang aneh bila matahari mulai merendah ke arah Barat aka nada pergantian kehidupan di kota-kota. Tidak hanya di Tasikmalaya, dibeberapa kota besar lainnya juga terlihat pemandangan yang tidak jauh berbeda. Dari sudut-sudut gang bermunculan orang-orang yang sedang mendorong gerobak dan bersiap untuk mendirikan tenda bongkar pasang di tepian jalanan kota. Matahari sudah tenggelam, cahaya lampu yang bergelantungan siap menjadi penerang bila malam telah tiba.
Berada di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, deretan kuliner khas sunda yang bisa kita jumpai di sepanjang jalan kota. Salah satu pedagang yang menyajikan aneka masakan khas sunda yaitu Warung Nasi Bu Oom yang berada di tepi Jl. Dr. Soekarjo, Tasikmalaya. Kalau dihitung-hitung sekitar 40 jenis lauk-pauk bisa kita jadikan sebagai pilihan, ada gurame goreng, rendang, semur jengkol, telur puyuh, sambal goreng hati, cap cay, acar, aneka pepes dan masih banyak lagi yang lainnya. Dari sekian banyak jenis lauk-pauk yang ada, empal tusuknya disebut-sebut sebagai menu yang paling populer. Selain empuk, bumbunya yang kaya akan rempah juga meresap hingga ke dalam. Selain itu, sop kakinya juga menjadi favorite para pelanggannya.
Warung Nasi Bu Oom ini mulai dirintis pada tahun 2000-an, dengan menempati salah satu ruas jalan raya. Untuk menemukan lokasinya tidak terlalu sulit, jaraknya tidak jauh dari Simpang Lima Tasikmalaya yang menjadi salah satu icon Kota Tasikmalaya. Selain itu, sebuah gerobak dorong dan spanduk yang membentang cukup lebar bertuliskan “Warung Nasi Ibu Oom” juga bisa membantu kita untuk menemukan lokasinya.
Warung nasi ini sudah mulai melayani para pembeli mulai dari jam 4 sore sampai jam 2 malam setiap hari, sehingga tidak heran kalau para pelanggannya kebanyakan para pegawai atau karyawan. Sebagian dari mereka ada yang makan ditempat dan ada juga yang take-away. Kalau untuk yang makan di tempat, Ibu Oom menyediakan sekitar 30 kursi untuk melayani pembelinya. Sedangkan untuk aneka macam menu dan lauk-pauknya dibandrol dengan harga yang cukup murah, mulai dari seribu rupiah sampai 9ribu rupiah untuk setiap jenisnya.
Juli 2012
Sumber foto : kulinertasik.com

Menu Utama

Sop Kaki Sapi & Empal Tusuk

Photo Gallery