Warung makan Kondang

Wr Kondang

Perjalanan saya menuju kota Jogja saat H+1 Lebaran sangatlah menyiksa, sepanjang jalan yang saya lalui dilanda macet parah. Karena terlalu lelah menyupir ditambah panasnya hati karena emosi dengan tingkah laku para supir-supir lain yang asal serobot dan potong jalan, diputuskanlah akhirnya beristirahat sejenak sekaligus makan malam. Jam telah menunjukkan pukul 7 malam dan kami baru tiba di daerah Ngawi, sementara perjalanan ke Jogja masih membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam itupun dengan hitungan jalan tidak macet.

Saya mengajak keluarga berhenti makan di warung makan Kondang, itu juga karena keluarga saya penasaran dengan menu yang disediakan di sini. Beberapa bulan yang lalu saya sempat makan di warung ini saat tidak sengaja sedang mencari warung untuk makan siang. Warung makan Kondang adalah sebuah warung sederhana yang menyediakan botok tawon sebagai menu andalannya. Jam buka warung ini terbilang cukup lama, dari jam 7 pagi hingga jam 10 malam.

Menu pilihan saya dan keluarga adalah menu-menu yang khas di warung makan ini, yaitu botok tawon, garang asem ayam dan garang asem ikan wadal. Semua menu yang Saya pilih telah matang dikukus dan disajikan dalam bungkusan daun pisang. Botok tawon dimasak santan dengan rasa lebih manis, garang asem ayam dengan rasa lebih asam, sedangkan garang asem ikan wadal dengan rasa lebih pedas dan asin. Walaupun dimasak dengan santan tapi ketiga menu ini tidak membuat eneq, irisan blimbing wuluh membuat rasa kuah masakan menjadi segar. Yang terasa saat menyeruput kuahnya adalah campuran dari rasa asam, asin, pedas dan segar, cocok untuk menyegarkan badan. Untuk minumannya tersedia wedang tape jahe, menu yang jarang ditemukan di warung makan yang lain.

Warung makan Kondang ini juga menerima pesanan seperti tumpeng, nasi kotak, catering dan pesanan untuk keperluan pesta.Selain itu disini juga tersedia oleh-oleh dan jajanan khas dari kota Ngawi yaitu keripik tempe. Untuk harga yang dipatok di warung ini sedikit berbeda dengan harga saat saya makan beberapa saat lalu, mungkin juga karena saat Lebaran sehingga harga makanan cenderung naik.

Menu Utama

Botok Tawon, Garang Asem Ayam & Garang Asem Ikan Wadal (Rp. 14.000/ bungkus)

Photo Gallery