Warung Lesehan Mertha Sari

Warung Lesehan Mertha Sari

Setelah selesai mengunjungi obyek wisata Goa Lawah, tak terasa perut sudah keroncongan karena pagi-pagi berangkat dari Denpasar kami belum sempat sarapan. Setelah mendapat referensi dari beberapa orang yang ada di daerah situ, akhirnya kendaraan berputar balik ke arah Denpasar. Tak jauh dari lokasi Goa Lawah ada sebuah pertigaan menuju Pura Andakasa, kira-kira ±500 m dari pertigaan itu ada sebuah Warung Lesehan Mertha Sari yang ada di kanan jalan. Atau lebih tepatnya ada di Jl. Pesinggahan, Kec. Dawan, Kab. Klungkung, Bali Timur

Meski namanya warung, tapi ruangannya cukup luas. Ada dua pilihan tempat yang bisa dipilih para pengunjung untuk menikmati makanan. Yang pertama duduk lesehan yang ada di bagian depan, yang kedua dengan meja kursi di bagian belakang. Warungnya setengah terbuka, jadi suasananya tidak terasa panas. Setelah memperhatikan semua bagian warung lesehan, mulai dari ruang depan, dapur yang ada di samping dan setiap sudut dari bangunan, ternyata di salah satu sudut terlihat foto mantan presiden Megawati yang terpampang disana. Namun bukan sebagai foto presiden, melainkan sebagai pengunjung yang sedang menikmati makanan. Ibu Mega aja bela-belain sampai masuk gang demi mencoba sate lilit buatan warung ini, penasaran juga kan ?

Setelah kita memilih tempat duduk, maka pelayannya hanya menanyakan jumlah paket makanan dan minuman yang diinginkan. Karena warung Lesehan Mertha Sari hanya menyediakan satu paket jenis makanan saja. Jadi tanpa ditanya mau makan apa, para pelayan tersebut sudah tau mau menyajikan makanan apa saja untuk para pengunjungnya.

Untuk satu paket makanan yang disajikan meliputi semangkuk sup ikan bumbu rempah, sepiring sayur yang dimasak ala Bali, sepiring sambal matah, sepiring kacang tanah sangrai dan yang lauk utamanya sepaket masakan hasil olahan dari ikan laut. Ada sate lilit, sate ikan bumbu dan pepes atau tum ikan yang masing-masing berjumlah 2 buah. Kalau dilihat sekilas porsinya kelihatan sedikit banget, tapi setelah selesai makan, ternyata sangat mengenyangkan bahkan lauknya sampai digaduh, karena masih tersisa cukup banyak. Kalau sedang pergi berlima, ada baiknya cukup memesan lauknya 3-4 paket saja.

Untuk menikmati makanan di tempat baru, tentu saja Saya tidak meninggalkan kebiasan untuk mencoba terlebih dulu setiap jenis lauk sebelum dinikmati bersama nasi. Untuk sup ikannya beda banget sama yang sebelum-sebelumnya pernah saya makan, kalau disini rasa bumbu rempahnya pas dan cukup pedas. Untuk sate lilit dan pepes ikannya terasa mantap daging ikannya, apalagi ditambah dengan sambal matahnya yang lebih sedap dari yang biasa ditemui. Untuk sate ikan bumbunya juga terasa berbeda dari sate ikan yang biasa saya temui, disini daging ikan dipotong berbentuk kotak dan diberi bumbu kecap sehingga terasa manis dan gurih.

Untuk menikmati semua sajian olahan ikan laut di Warung Lesehan Mertha Sari, kita cukup mengeluarkan 20 ribu untuk satu paket. Biasanya warung ini mulai melayani para pengunjungnya mulai dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore setiap hari. Tapi kalau datang pada jam makan siang, akan lebih baik Anda cukup bersabar untuk menanti pesanan diantar, karena pada jam-jam tersebut warung lesehan ini cukup ramai pengunjungnya.

Menu Utama

ikan laut (sate lilit, sate ikan bumbu, pepes ikan dan sup ikan) Rp. 20.000

Photo Gallery