Timlo Sastro (Timlo Sastro Balong)

Kalau Jogjakarta memiliki kuliner andalan gudeg, Surabaya memiliki lontong balap, Kudus dengan sotonya, Solo juga pastinya punya Timlo Solo. Salah satu timlo yang cukup terkenal adalah Timlo Sastro yang tidak boleh terlewatkan jika sedang berburu kuliner di kota ini. Sudah terkenal sejak tahun 1952-an, Timlo Sastro yang juga dikenal dengan nama Timlo Sastro Balong ini berlokasi di salah satu sudut Pasar Gedhe Kota Solo (pasar gede timur 1-2). Ketika Saya bersama tim wisatakuliner.com tiba dilokasi, hujan rintik mengguyur kota Solo. Meskipun begitu, RM Timlo Sastro ini penuh sesak oleh para pembeli yang datang.

Meski merupakan sebuah rumah makan, tapi tempatnya sangat sederhana dan terlihat lebih sempit dengan banyaknya pembeli. Di luar memang hanya hujan rintik, tapi di dalam rumah makan ini terasa begitu panas, pada hal tempatnya semi terbuka. Saat pertama Saya masuk, hanya terlihat tempat yang penuh sesak, wajah para pegawai serta pemiliknya yang kelihatan sangat capek dan kelelahan. Bila ada satu tempat yang kosong, kurang dari satu menit tempat tersebut sudah terisi oleh pembeli lain. Bisa dibilang, siapa cepat dia yang dapat.

Setelah ada kesempatan, barulah kami memesan nasi timlo sastro komplit. Meskipun sangat ramai, tapi untuk masalah penyajiannya cukup cepat. Seporsi timlo sastro komplit ini hanya terdiri dari potongan hati ampela, telur pindang dan sosis solo dengan kuah yang bening. Berbeda dengan sosis pada umumnya yang bentuknya bulat dan panjang, sosis solo lebih mirip dengan telur dadar. Sedangkan untuk rasanya sendiri gurih dan segar, rasanya lebih nikmat bila ditambah dengan sambal kecap yang sudah tersedia di atas meja.

Di tengah-tengah penuh dan sesaknya suasana di dalam RM Timlo Sastra, kita akan dihibur dengan live music keroncong dan campur sari. Kalau saja kita memfokuskan sedikit perhatian pada musik tersebut sambil menikmati kelezatan timlo sastro, maka segala keriuhan di tempat itu tidak akan terasa. Warung ini hanya menyediakan menu timlo, tapi penyajiannya cukup bervariasi. Ada telur rempelo ati, sosis rempelo ati, telur sosis, rempelo ati kuah, sosis kuah, telur kuah dan nasi timlo. Sedangkan untuk harganya juga bervariasi sesuai dengan isian, mulai dari 6ribu sampai 14ribuan. Kalau untuk timlo komplitnya sendiri dibandrol dengan harga 14ribu rupiah belum termasuk nasi putih 3ribu. Biasanya warung ini sudah buka sejak jam setengah 7 pagi sampai jam setengah 4 pagi setiap hari.

Menu Utama

Timlo Komplit (Rp. 14.000)