Tauto PPIP Bu Bawon

Soto, coto, sroto, sauto atau tauto, sederetan nama-nama tersebut mungkin sudah cukup akrab di telinga para penggemar kuliner. Namun bagi Anda yang masih agak asing dengan nama tersebut, mungkin masih merasa agak bingung. Sederetan nama tersebut sebenarnya sama saja, pada intinya merupakan sebutan untuk sebuah soto. Hanya saja masing-masing kata tersebut berasal dari daerah yang berbeda, sehingga komposisi dan cita rasa rasanya berbeda meski sama-sama soto.

Misalnya saja untuk tauto, tauto merupakan sebutan untuk soto khas Pekalongan. Kata Tauto sendiri merupakan perpaduan dari kata soto dan tauco, karena salah satu ciri khas soto Pekalongan adalah penggunaan tauco pada sotonya. Ada cukup banyak pedagang tauto yang bisa kita jumpai di kota Pekalongan, namun Tauto PPIP atau Tauto Ibu Bawon merupakan salah satu warung yang cukup dikenal.

Untuk dapat menemukan lokasi Warung Tauto PPIP bukanlah yang terlalu sulit, lokasinya berada dikompleks Grosir Batik PPIP Pekalongan di Jl. Dr. Wahidin. Namun kalau Anda merasa kesulitan untuk menemukan lokasinya, jangan malu untuk bertanya ke salah satu tukang parkir, tukang becak atau warga sekitar karena sebagian besar dari warga Pekalongan tahu dimana lokasinya berada.

Warungnya cukup sederhana dan sedikit semi terbuka, di bagian depan warung juga terpasang spanduk yang bertuliskan “Soto PPIP”. Berbeda dengan jenis soto lainnya yang kebanyakan menggunakan daging ayam, namun untuk tauto menggunakan daging kerbau. Dalam seporsi tauto terdiri dari potongan daging kerbau, soon, daun bawang dan bawang goreng serta kuah panasnya yang berwarna gelap agak kecokelatan yang berasal dari penggunaan tauconya. Untuk penyajiannya, kita bisa memilih nasi putih hangat atau lontong. Perpaduan rasanya begitu unik, antara gurih, manis dan juga pedas, ditambah lagi dengan penggunaan daging kerbau yang empuk.

Menu Utama

Tauto (Rp.9.000 – Rp.11.000)

Photo Gallery