Soto Kletuk Pak Galo

Soto Kletuk Bang Galo

Kuliner khas Nusantara sangat bervariatif, meskipun secara garis besar menyajikan menu yang sama. Dengan adanya perbedaan suku dan budaya di Indonesia, sehingga terciptalah aneka cita rasa dan ciri khas tertentu dari setiap daerah yang ada. Misalnya saja menu soto ayam, ada begitu banyak macam soto ayam sesuai dengan khasnya masing-masing, baik dari rasa, cara penyajiannya dan juga komposisi dari soto itu sendiri. Begitu juga dengan Blora, kota ini memiliki soto ayam khas yang biasanya disebut dengan nama Soto Kletuk.
Salah satu penjual soto khas Blora yang cukup terkenal adalah Soto Kletuk Pak Galo yang berlokasi di Jl. Gunung Sindoro No. 1C, Blora, Jawa Tengah. Dengan menempati sebuah bangunan yang cukup sederhana berkapasitas sekitar 50 pengunjung, Pak Galo sebagai perintis soto kletuk memulai usahanya ini sekitar tahun 1997-an. Sesuai dengan namanya, tentu saja soto kletuk yang menjadi menu andalan di Warung Pak Galo ini. Tidak jauh berbeda dengan soto ayam kebanyakan, dalam seporsi soto kletuk terdiri dari nasi putih, bihun, taoge, irisan telur rebus, suwiran daging ayam yang kemudian disiram dengan kuah bening yang semuanya dijadikan satu dalam sebuah mangkuk. Tak lupa irisan daun kucai dan bawang merah ditaburkan di atasnya, serta kletuk yang menjadi ciri khas soto ini.
Kalau soal rasa tidak perlu dipertanyakan lagi, perpaduan komposisi soto ini benar-benar komplit. Saat menyantap perpaduan soto dengan kletuknya benar-benar nikmat, ada sedap dan gurih yang bercampur jadi satu. Lebih nikmat lagi bila ditambahkan dengan sambal dan lauk sate kerang, rasanya benar-benar sempurna. Sedangkan untuk kletuk sendiri merupakan taburan soto yang berbahan dasar singkong. Setelah melewati beberapa proses hingga menjadi adonan yang sudah berbentuk kotak-kota kecil, kemudian digoreng hingga matang dan renyah. Selain sebagai taburan untuk sotonya, kletuk ini juga dijual dalam kemasan. Karena biasanya para pelanggan soto ini juga suka menikmatinya sebagai camilan sambil menunggu pesanan.
Selain menjual menu soto kletuk, Warung Pak Galo juga menyediakan beberapa macam menu lainnya. Ada nasi pecel, asem-asem, sayur lodeh, sayur asem, rawon dan aneka lauk-pauk yang biasanya juga dinikmati para pelanggan sebagai pelengkap soto. Biasanya Warung Soto Kletuk Pak Galo ini mulai melayani para pembeli sejak pukul 6 pagi hingga pukul 1 siang setiap hari. Namun tak jarang sebelum jam 12 menu soto kletuknya sudah habis duluan, tapi Anda tidak perlu khawatir kalau sudah kehabisan. Karena mulai akhir tahun 2009 yang lalu hingga sekarang ini, Soto Kletuk Pak Galo juga buka kembali pada jam 5 sore sampai jam 10 malam setiap hari. Untuk dapat menikmati soto kletuk ini, kita hanya perlu merogoh kocek kurang dari 10ribu rupiah saja.

Menu Utama

Soto Kletuk (±Rp. 10.000)

Photo Gallery