Soto Ayam Pasar Kranggan ala Pak Jinggo

soto ayam pasar kranggan pak jinggo

Kini semua warna langit berganti dengan biru muda yang  cerah, diikuti angin yang meniup daun tanpa bunyi yang keras. Ranting pun menemani burung kecil berkicau silih berganti, serta detik waktu terus berjalan. Suara hentakan kaki kuda yang menemani pagi ini di sepanjang jalan malioboro membuat perasaan ini semakin tercampur kagum untuk menikmati pagi ini bersama setiap orang yang berlalu lalang.

Pagi ini wisatakuliner.com sudah mengetahui tujuan untuk sarapan, yaitu tempat yang cukup dikenal oleh masyarakat lokal di Yogyakarta yaitu pasar Kranggan. Mengapa pasar ini cukup dikenal?  karena tempat ini sudah berdiri sejak tahun 1962 lho. Lokasinya juga strategis, karena dekat dengan beberapa tempat wisata seperti tugu Yogyakarta yaitu ± sekitar 3 menit dengan berjalan kaki. Bagi kalian pendatang dari luar kota sehabis sarapan di pasar Kranggan bisa sekalian ber-selfie di sana dulu tuh hehe.

Kalau kalian tiba di pasar Kranggan tidak perlu cemas untuk menemukan lokasinya, karena posisinya tepat di sisi depan pasar, namun jika kalian tidak menemukan lokasinya bisa langsung bertanya dengan penjaga parkir. Dan saat pertama kali menginjakkan kaki di tempat ini, langsung tercium aroma kuah yang akan menarik-narik siapa saja untuk segera meredakan perut yang lapar di sini,  melihat dalam satu mangkuk ada beberapa isiannya, hmm.. rasanya semakin tidak sabar untuk segera menyantapnya.

Soto ayam pasar Kranggan pak Jinggo ini satu mangkuknya diisi dengan irisan ayam kampung, lentho, bihun, kecambah, tahu  tempe bacem, kol, bawang goreng dan  bagi kalian yang menyukai kepala, sate kulit atau usus disini juga sudah disediakan. Rasa sotonya itu yang gurih manis menjadi ciri khas soto ayam pak Jinggo, hati-hati ketagihan ya hehe.

Bagi kalian yang mau menyoba soto ayam pak Jinggo ini kalian bisa membayar satu porsi dengan harga Rp 9.000 dan bagi kalian yang ingin membawa pulang dikenakan harga Rp 10.000 dan kalau kalian mau menambah sate kulitnya ini dikenakan harga Rp 2.500 Bagi kalian yang kebetulan datang hari minggu kalian harus sabar untuk menyantap  soto ayam pak Jinggo ya! karena antreannya lumayan banyak.

(Maria, November 2017)

Menu Utama

Soto Ayam (Rp. 9.000-Rp. 10.000)

Photo Gallery