Soto Ayam Pak Gareng

Soto Ayam Pak Gareng

Sarapan pagi soto ayam merupakan menu wajib saya ketika berada di kota Jogja. Banyak warung-warung soto yang cukup enak di sini, namun kali ini saya memilih untuk makan soto ayam Pak Gareng yang berada di seberang  pintu masuk Stasiun kereta api Tugu atau lebih tepatnya di jalan Pangeran Mangkubumi. Soto Pak Gareng merupakan warung sederhana berupa tenda yang bisa dibongkar pasang di atas trotoar jalan. Walaupun cuma sebuah warung tenda tapi Soto Pak Gareng telah memiliki pelanggan setia, terbukti soto ini selalu ramai oleh pelanggan yang keluar masuk silih berganti untuk menikmati soto racikannya.

Menu satu-satunya yang ditawarkan disini adalah soto ayam, tinggal pilih mau campur dengan nasi atau dipisah nasinya. Berisi nasi putih, soun, irisan kol, taoge, lenthok dan suwiran daging ayam yang kemudian disiram dengan kuah soto yang sangat panas. Kuah sotonya termasuk bening dan terasa ringan untuk bumbu-bumbunya, sehingga membuat soto pak Gareng terasa segar dan tidak membuat eneq. Porsi yang disajikan pun cukup untuk menganjal perut yang kelaparan di pagi hari tanpa membuat perut kita menjadi kekenyangan. Untuk camilan saat makan soto ada sate ayam, sate ati ampela dan tempe goreng yang gurih dan kriuk kres kres.

Sambil menikmati soto ini terdengar alunan musik dan tembang jawa dari para seniman jalanan yang datang silih berganti, kadang terdengar juga puisi-puisi karya W.S. Rendra dibawakan. Para seniman jalanan disini seperti memilik nomor antrian yang mengatur jadwal tampil mereka, terlihat mereka sangat tertib tampil satu persatu menghibur para pengunjung yang tengah menikmati semangkuk soto hangat.

Menu Utama

Soto Ayam (Rp. 5.000)

Photo Gallery