Sop Buntut Depot Surya H. Aliyah

Sop Buntut Depot Surya H. Aliyah

Anda pengemar sop buntut? Bisa makan dalam porsi besar? Pengen yang murmer dengan rasa yang tidak mengecewakan? Kalau memang itu kriteria yang Anda cari, silahkan saja mengarahkan kendaraan ke daerah Sidoarjo. Untuk lebih tepatnya ke Jl. Raya Keramean No. 8, Candi (tepat di depan SPBU Candi, Sidoarjo). Di sana ada sebuah depot yang bernama “Depot Surya H. Aliyah”, biasanya depot ini dipenuhi para pengunjung pada jam-jam makan, apalagi kalau pada saat jam makan siang tiba.

Di depot yang sudah berdiri sejak tahun 70an ini, semua menu yang disajikan dalam porsi besar. Mulai dari makanan, minuman dan jajanan seperti pastel, mĕndhut, gandhos dan ote-ote juga dibuat dalam ukuran yang besar. Depot ini masih dikelola sendiri oleh Ibu H. Aliyah dengan ditemani oleh anggota keluarga yang lain dan beberapa karyawannya. Biasanya depot ini mulai dibuka untuk para pengunjung mulai dari jam 9 pagi sampai jam 11 malam setiap hari.

Berdasarkan rekomendasi yang kami terima sebelumnya, siang itu tim wisatakuliner.com langsung menuju lokasi yang dimaksud. Jam masih bertandang mendekati angka 12 ketika tim kami tiba dilokasi, sehingga kami masih bisa leluasa untuk memilih tempat duduk. Dan tak lama kemudian, orang-orang pun mulai berdatangan mengisi meja-kursi yang masih kosong. Meski ruangannya cukup besar, mungkin bisa menampung sekitar ±50 pengunjung, namun siang itu ada juga yang masih menunggu diluar untuk mendapatkan tempat makan.

Karena menurut informasi yang kami terima porsinya cukup banyak, sehingga kami memutuskan untuk memesan seporsi sop buntut terlebih dahulu. Dan ketika pesanan kami datang, porsinya memang benar-benar jumbo, bisa untuk 2-3 orang. Satu mangkuk penuh hingga munjung, dengan taburan bawang goreng yang cukup banyak. Kami segera mencicipinya, kaldunya berasa banget berpadu dengan gurihnya bawang goreng. Kuahnya juga terasa manis seperti rasa mani yang ditimbulkan dari wortel meskipun tak nampak batang hidung dari si wortel ini. Meski namanya sop buntut, namun daging yang melekat pada tulang-tulangnya masih banyak dan empuk, sehingga tak perlu kesulitan untuk memisahkannya dari tulang.

Kalau Anda sempat singgah di Depot H. Aliyah, jangan lupa juga untuk mencicipi aneka jajanannya, terutama pastelnya. Selain ukurannya yang super besar dengan isian yang banyak, rasanya juga nikmat. Meski semuanya dengan porsi yang terbilang jumbo, untu urusan harga jangan khawatir, karena gak akan menguras kantong. Untuk seporsi sop buntut, kita cukup membayar 35 ribu rupiah saja, sedangkan untuk aneka jajanannya rata-rata ± 3 ribuan.

Selain sop buntut, Depot H. Aliyah juga menyediakan nasi rawon, nasi campur, nasi gule, kare ayam, sate kambing, sayur dan juga lalapan. Sedangkan untuk minumannya cukup bervariasi, ada es dawet, es campur, soda gembira, soft drink, berbagai macam jus buah dan minuman tradisional, seperti es beras kencur. Dalam masyarakat jawa, beras kencur juga sering dijadikan sebagai obat.

Menu Utama

Sop Buntut (Rp. 35.000)

Photo Gallery