Sate Plecing Mak Lukluk

sate plecing mak lukluk

Waktu melewati daerah renon, wisatakuliner.com mampir ke salah satu warung “Sate Plecing Mak Lukluk” yang dari jauh sudah kelihatan ramai pengunjung. Mumpung perut lagi lapar dan sekaligus penasaran akhirnya wisatakuliner.com berani mendaratkan kendaraan di warung yang bersebrangan dengan Plaza Renon ini.

Berbeda dengan kuliner sate umumnya yang menggunakan kecap dan kacang sebagai bumbu utama, sate plecing menawarkan cita rasa yang khas dengan sambal plecingnya yang terdiri dari cabai rawit, bawang, dan rempah lainnya dengan perasan jeruk nipis yang segar.
Sebagai salah satu kuliner tradisional Bali, pemilik warung menginginkan sate plecing ini bisa dinikmati di tengah perkotaan. Jadi warung makan sate plecing mak lukluk ini dihadirkan di tempatnya yang sekarang dan nggak jauh dari bundaran Renon Denpasar timur. Tempatnya emang terkenal nggak pernah sepi pengunjung sampai-sampai warung ini dibuka hingga jam 9 malam.

Di warung sate plecing ini tersedia dua pilihan menu utama yaitu sate plecing babi dan sapi. Kedua menu ini bisa juga kalian nikmati dalam bentuk paket menu yang ditambahi semangkuk soto dengan irisan lobak, daging, dan bawang goreng yang tenggelam di dalam kuah yang bening.
Sewaktu dibakar, deretan sate dikipasi dan diluluri dengan bumbu sambal plecing oleh salah satu asisten pemilik warung. Ketika menyicipi sate ini ada rasa gurih dan lembut jadi nggak perlu tenaga ekstra untuk mengunyahnya, guys. Aroma daging babi atau sapi nyaris sirna dilibas bumbu sambal plecing yang nikmat. Kemudian rasa bumbu plecingnya yang lumayan pedas mendominasi ketika sudah menyentuh lidah.

Nggak heran kalau sate plecing ini lezat buat diantap karena resep dapur di warung ini merupakan warisan dari nenek pemilik yang berasal dari Lukluk, Mengwi. Dan emang rasanya udah kejaga selama bertahun-tahun sampai sekarang.

Soal parkir, kalian harus sabar karena warung ini nggak menyediakan tempat parkir yang memadai. Warung yang berkapasitas 30-40 orang ini sangat cocok menjadi tempat kumpul dengan teman dan keluarga. Kalau soal harga, warung yang satu ini menawarkan harga yang ramah di kantong, satu sate plecing babi atau sapi dengan 10 tusuknya, sudah bisa kalian nikmatin dengan harga 15 ribu rupiah aja.

(Novita, Agustus 2017)

Menu Utama

Sate plecing babi/sapi (Rp. 15.000/10 tusuk)

Photo Gallery