Sate Pak Kempleng

Dalam perjalanan dari Kota Getuk Magelang menuju ke Semarang, pasti akan melewati Ungaran. Di daerah Ungaran ini terdapat kedai sate yang paling kondang bernama “Sate Pak Kempleng”. Perintis sate ini adalah Pak Sakiminyang merupakan namaasli Pak Kempleng, dahulu beliau menjajakan satenya keliling kampung dengan cara dipikul. Kemudian setelah Pak Sakimin meninggal usaha sate ini diteruskan oleh anaknya.

Selama ini sate yang biasanya sering kita jumpai berasal dari daging ayam atau kambing. Tapi di kedai sate pak Kempleng ini, satenya terbuat dari daging sapi. Dagingnya dipotong lebih besar  dibanding dengan kebanyakan potongan sate pada umumnya. Rasanya manis, gurih dan dagingnya empuk. Selain sate dari daging semua, ada juga yang dicampur dengan lemak, paru, usus, babat dan koyor(urat). Tapi kita juga bisa memilih sendiri campuran satenya. Disajikan terpisah dengan semangkuk bumbu kacang yang melimpah serta irisan bawang plus cabai rawit. Untuk pendamping, Anda bisa memilih dengan nasi atau lontong.

Di sepanjang jalan Semarang-Ungaran ada beberapa kedai sate sapi memakai nama “Sate Pak Kempleng” juga. Tapi menurut informasi, kedai yang paling asli kedai yang paling ramai. Meski demikian beberapa kedai tersebut juga masih kerabat dari pak Kempleng.

 

Menu Utama

Sate Sapi

Photo Gallery