Sate Kambing “KUMIS”

sate kambing pak kumis

Selain aneka jenis tahu, Tegal juga terkenal dengan sate kambingnya. Salah satunya yang ada di ruas jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, sate kambing pak Kumis namanya. Lokasi warung makan ini berada disebelah kiri jalan, kalau kita dari arah Brebes. Di sini tersedia sate kambing muda yang empuk dan enak. Menurut salah satu sumber kambing yang digunakan masih berusia 4 sampai 5 bulan, jadi dagingnya masih empuk dan agak manis.

Untuk satu porsi berisi 10 tusuk yang disajikan dengan sambal kecap, irisan bawang merah, tomat dan jeruk nipis. Sate kambing yang disajikan disini sangat istimewa karena dagingnya terasa sangat empuk dan tidak ada bau khas kambing. Selain sate kambing disini juga tersedia sate hati, sate torpedo, sop kaki, sop buntut, sop  iga, gulai dan tongseng. Bagi yang sedang berpantangan dengan masakan olahan kambing, disini juga tersedia ikan bakar, goreng atau pepes. Jenis ikannya pun juga beragam, ada bawal, kakap, kerapu, kanang, piki gurame dan mas. Untuk sayur tersedia sayur asem dan lodeh, sedangkan aneka sambalnya ada sambal kecap, terasi, kacang, tomat, bawang dan sambal goang.

Selama bulan ramadhan hingga 2 minggu setelah lebaran,warung makan ini buka 24 jam. Tapi pada hari lebaran tutup untuk sementara. Warung makan yang sudah berdiri lebih dari 20 tahun ini, mampu menampung 80 pengunjung. Saat menjelang lebaran, sate kambing pak kumis ini biasanya menyiapkan 10 ekor kambing muda yang siap diolah bagi para pemudik.

Menu Utama

Sate Kambing