Sate Barongan

Sate Barongan

Berawal dari 10 tahun yang lalu, dengan usaha yang tidak mudah Pak Uniq mulai merintis usaha dibidang sate kambing yang kini warungnya dinamakan Warung Sate Barongan. Dalam menggeluti usaha ini, Pak Uniq yang bernama lengkap H. Husni Anwar sudah pernah mengalami kesuksesan yang berujung kehancuran. Tapi keadaan tersebut tidak berlangsung lama, dengan usaha yang lebih keras serta dorongan dan doa dari orang-orang disekitarnya, akhirnya Pak Uniq mampu untuk melewati masa-masa yang sulit. Hingga akhirnya Warung Sate Barongan berkembang dengan cukup pesat, saat ini saja sudah ada dua cabang Sate Barongan yang berada di Jalan Gilang (di sebelah Pabrik Kapal Api) dan di depan Puskesmas Ngelom.

Waktu itu Saya bersama tim wisatakuliner.com singgah ke Warung Sate Barongan pertama yang berlokasi di Jl. Wonocolo, Sepanjang, Sidoarjo. Warung sate ini buka 24 jam, ketika kami tiba di Warung Sate Barongan jam sudah menunjukkan pukul 11 malam. Warungnya tidak terlalu luas, tapi terdiri dari dua lantai dengan lantai duanya yang cukup luas. Di depan warung ada sebuah gerobak, tempat pemanggangan sate dan sebuah etalase yang cukup tinggi. Biasanya di etalase tersebut tergantung beberapa ekor kambing yang sudah disembelih dan dibersihkan. Sehingga daging kambing yang digunakan untuk membuat satenya bisa dipastikan benar-benar daging yang masih segar. Tapi kelihatannya ketika kami datang, dagingnya sudah tinggal sedikit yang sedang dipotong-potong oleh salah satu karyawannya untuk dijadikan sate.

Sama seperti warung sate pada umumnya, menu yang tersedia di Warung Sate Barongan ini hanya sate dan gulai kambing. Biasanya kambing yang digunakan untuk membuat sate dan gulainya merupakan kambing yang berusia antara 3 sampai 6 bulan. Biasanya tidak kurang dari 30 ekor kambing harus disembelih setiap hari untuk memenuhi kebutuhan para pembelinya. Seporsi kambing terdiri dari 10 tusuk sate dengan masing-masing tusuk berisi 3 potong daging dengan ukuran sedang lengkap dengan sambal kacang dan sedikit sambal kecap di sisi piringnya. Karena terbuat dari daging kambing muda dan segar, rasanya sedikit agak kenyal dan ada rasa manis tanpa tercium aroma kambingnya.

Selain memesan sate, kami juga memesan gulai kambingnya. Rasanya nikmat dengan bumbu rempah di kuahnya yang cukup kuat, dagingnya empuk dan sangat lembut. Warung sate yang satu ini mungkin menjadi salah satu pilihan yang paling pas, selain sajian yang lezat, kita juga cukup membayar satu kali untuk nasi atau lontongnya. Untuk seporsi sate kambingnya dibandrol dengan harga 20ribu rupiah, sedangkan untuk gulainya 10ribu rupiah dan nasinya cukup membayar 3ribu rupiah. Berbeda dengan Warung Sate Barongan yang lainnya, untuk Warung Sate Barongan 2 juga menyediakan beberapa menu lainnya, seperti nasi rawon, soto, sup buntut, tahu campur, mi goreng, cap cay dan beberapa menu lainnya.

Menu Utama

Sate Kambing (R.p 20.000) & Gulai Kambing (Rp. 10.000)

Photo Gallery