Rumah Makan Bandeng Pak Elan

Bandeng Pak Elan

Ikan bandeng merupakan salah satu makanan khas nya kota Gresik selain nasi krawu. Perjalanan saya ke kota Gresik ini sebetulnya khusus untuk mencicipi nasi krawu dan ikan bandeng, sayangnya nasi krawu bu yang akan saya kunjungi sedang tutup dikarenakan sedang lebaran ketupat, maka saya langsung pindah haluan menuju ke Bandeng pak Elan yang kelezatannya banyak dibicarakan oleh orang-orang. Saya memilih untuk mampir di rumah makan pak Elan II karena lahan parkir disini lebih nyaman dibandingkan di tempat pak Elan yang lainnya.

Rumah makan pak Elan belum terlihat ramai orang hanya terlihat seorang karyawan pak Elan yang sedang melipat kardus pembungkus bandeng. Ruangan disini cukup besar, meja dan kursi tertata rapi, dan bersih, cocok untuk tempat makan dan kumpul-kumpul bersama teman kantor, sahabat maupun keluarga. Di meja etalase kaca terlihat sample atau contoh bandeng yang disediakan disini dalam keadaan matang. Sehingga jika ada pengunjung datang tinggal memanaskan bandeng yang dipilih pengunjung sesaat sebelum disajikan. Terdapat banyak pilihan olahan bandeng disini, yaitu bandeng goreng, bandeng bakar, bandeng otak-otak bakar atau goreng, bandeng rebus serta bandeng dadar telur.

Untuk bandeng gorengnya sebelum digoreng sisiknya dibersihkan terlebih dahulu, sedangkan untuk bandeng bakar sisiknya tetap dibiarkan ada untuk melindungi daging saat dibakar. Otak otak bandengnya dibuat dengan mengeluarkan seluruh isi daging bandeng, dicampur dengan bumbu dan telur, kemudian dimasukkan kembali ke dalam kulitnya dan dibakar atau digoreng dengan dijepit menggunakan semacam tongkat  bambu untuk merekatkan.

Saya memilih untuk memesan bandeng goreng, tidak pakai menunggu lama pesanan saya keluar. Seekor bandeng goreng yang masih hangat disertai pendampingnya, yaitu sambal kecap. Tak perlu khawatir kesulitan memisahkan duri-duri bandeng yang cukup menggangu karena disini duri-duri dari ikan bandeng telah disingkirkan. Rasa bandeng goreng disini cukup pas antara rasa asin dan gurihnya, juga tidak terasa bau tanah, apalagi jika dicocolkan ke sambal kecapnya. Sambal kecap disini juga rasanya lebih mantap karena diberi campuran kacang tanah yang dihaluskan. Secara keseluruhan rasa bandeng yang ditawarkan disini cukup memuaskan bagi Anda pecinta bandeng.

Menu Utama

Bandeng goreng, bandeng bakar, otak-otak bandeng (Rp. 37.500 / ekor)

Photo Gallery