RM Manjabal 1

Rumah makan ini berada sekitar 10 km dari Ciamis ke arah kota Tasikmalaya, lebih tepatnya di jalan Raya Gunung Cupu, Sindang Kasih. Rumah makan ini diberi nama Manjabal karena konon singkatan dari Manusia Jaman Baheula. Ini untuk menyatakan bahwa resep-resep yang ditampilkan rumah makan ini merupakan kuliner pusaka dari masa lalu. Rumah makan Manjabal 1 pertama kali berdiri di Ciamis, Jawa Barat sekitar 20 tahun lalu, pendirinya Hj. Oom Komariah (77), dan sekarang telah diwariskan kepada anak pertamanya.

Tempatnya luas dengan beberapa lokasi bersantap yang dapat kita pilih. Ada yang di ruangan seperti tempat makan pada umumnya, lesehan di atas kolam, lesehan di pinggir sawah dan ada juga yang berlokasi agak jauh di tengah sawah. Dengan suasana yang berbeda membuat acara makan jadi lebih nikmat. Selain itu lahan parkirnya juga cukup luas, sehingga tidak perlu kerepotan mencari tempat parkir.

Yang menjadi makanan favorite di tempat ini adalah tumis genjer yang rasanya cukup unik. Genjer biasanya tumbuh di sekitar persawahan dan menjadi tanaman pengganggu bagi sebagian orang terutama para petani di sawah, tetapi disini genjer dimasak sebagai tumisan. Tumisan genjer ini dimasak dengan tauco yang agak banyak dan bumbu-bumbu yang lainnya. Tekstur luarnya lembut, tapi jika digigit rasanya renyah dan tumisannya tidak terlalu berminyak. Cocok sekali didampingi tempe atau tahu goreng.

Selain tumis genjer, masih banyak menu khas Priangan lainnnya, seperti nasi timbel, pencok leunca, ayam goreng/ bakar, sayur asem dan gurame bakar bumbu cobek dengan rasa bumbunya yang pas di lidah. Selain itu juga tersedia minuman segar dari es teh manis, softdrink, kelapa muda dan aneka jus.

Menu Utama

Tumis Genjer

Photo Gallery