Rawon IHOK “Al Abror”

Rawon IHOK “Al Abror”

Sudah menjadi rahasia umum kalau Kota Surabaya merupakan kota sibuk dengan suhunya yang panas, apalagi di siang hari. Demikian juga dengan Kota Sidoarjo yang lokasinya tepat berada di sebelah selatan Kota Surabaya. Berburu kuliner di malam hari tentunya jauh menyenangkan jika dibandingkan pada siang hari yang cuacanya sudah pasti panas. Malam itu, kami dari tim wisatakuliner.com berburu kuliner di Kota Sidoarjo, yang sekarang sebagian besar wilayahnya sedang terkena bencana Lumpur Lapindo. Sungguh malang nasib mereka yang terkena imbas Lumpur Lapindo, bahkan sampai sekarang belum ditemukan solusi yang tepat untuk mengatasi problema Lumpur Lapindo.

Terlepas dari itu, kami sedang dalam perjalanan menuju ke jalan Gajah Mada untuk menikmati kelezatan rawonnya. Ketika kami sampai di lokasinya, Pertokoan Gajah Mada masih ramai dikunjungi dan rawon yang kami cari lapaknya belum terlihat sama sekali. Dan akhirnya kami pergi ke salah satu toko Swalayan sambil menunggu jam. Sekitar jam setengah 10 malam, kami kembali ke Jalan Gajah Mada, beberapa tokonya sudah mulai ditutup, dan lapak rawon yang kami cari juga sudah dipenuhi beberapa pengunjung.

Kami pun langsung menuju lapak tersebut dan ikut bergabung dengan pengunjung lainnya. Setelah menunggu beberapa menit, seporsi nasi rawon empal sudah berada di atas meja. Kuah rawonnya begitu pekat terlihat dari bumbu kluweknya yang cukup dominan, dengan rasanya yang nendang banget di mulut. Sedangkan untuk empalnya sedikit agak keras namun terasa gurih, karena bumbunya meresap hingga ke dalam, ukurannya juga cukup besar. Kalau pada umunya, nasi rawon sudah terdiri dari irisan daging kecil-kecil atau empal, namun tak demikian dengan Rawon IHOK (Rawon Al Abror). Disini kalau pesan harus menyebutkan lauknya, bisa memilih empal, paru atau daging yang lainnya.

Untuk seporsi nasi rawon empal, kita cukup mengeluarkan kocek sekitar 12ribu rupiah saja. Selain nasi rawon, kita juga menikmati nasi campur yang rasanya juga tidak kalah lezat. Karena disekitar Jalan Gajah Mada terdapat beberapa penjual rawon, namun rawon IHOK ini termasuk yang paling ramai dikunjungi. Untuk lokasi pastinya, tepat berada di depan Toko Mas Wahyu Ganesya, disebelah kanan Matahari di Jalan Gajah Mada.

Menu Utama

Nasi Rawon Empal (± Rp. 12.000/ porsi)

Photo Gallery