Rawon Bik Ati

Rawon Bik Atik

Apakah Anda seorang penggemar makanan nasi rawon? Kalau jawabannya benar, maka ada baiknya jika Anda singgah ke RM Rawon Bik Ati. Lokasinya berada di Jl. Ahmad Yani No. 83, Banyuwangi, kalau dari arah Ketapang menuju ke Banyuwangi kota, ikuti saja jalan ke arah Jember. Setelah sampai pada lampu merah selatan alun-alun lurus saja menuju Jl. Piere Tendean sampai bertemu lagi dengan lampu merah, lurus terus menuju Jl. K.H. Wahid Hasyim hingga bertemu lagi dengan lampu merah kemudian belok kiri menuju Jl. Ahmad Yani, rumah makannya berada di kiri jalan dengan sign board yang cukup besar.

Siang itu sebelum kembali ke Pulau Bali, Saya bersama tim wisatakuliner.com menyempatkan waktu untuk menikmati nasi rawonnya. Sekitar jam 12.10 WIB, kami tiba dilokasi. Rumah makan ini cukup besar, mungkin bisa menampung lebih dari 50 pengunjung. Ada cukup banyak variasi nasi rawon yang tersedia, seperti nasi rawon biasa, empal, paru, limpa, babat, buntut, lauk campur dan masih ada beberapa variasi lainnya. Masing-masing dari kami memesan nasi rawon biasa dan nasi rawon empal, setelah menunggu beberapa menit pesanan kami sudah diantar ke meja.

Seporsi nasi rawon disajikan dalam satu piring nasi putih bersama daging dan taoge. Kuahnya tidak terlalu gelap dengan potongan daun kucai yang cukup banyak. Rasa bumbunya cukup ringan dan dagingnya empuk, meskipun dipotongan agak besar-besar dan lemak yang menempel cukup banyak. Tapi untuk empalnya agak alot (menurut tim yang mencoba menu nasi rawon empal) meskipun rasanya tidak mengecewakan, sehingga butuh sedikit usaha lebih untuk menikmati nasi rawon empalnya. Secara mayoritas penilaian kami mengenai tempat makan rawon kali ini adalah Good dan boleh dicoba.

Untuk seporsi nasi rawon, masing-masing dibandrol dengan harga 16ribu rupiah, mungkin terbilang sedikit mahal tapi dengan porsi daging yang disajikan menurut Saya harganya cukup pas. Selain menyajikan nasi rawon yang bervariasi, rumah makan ini juga menyediakan menu aneka menu lalapan special. Biasanya rumah makan ini mulai melayani para pengunjungnya mulai dari jam setengah 7 pagi sampai jam setengah 10 malam setiap hari. Hingga sekarang ini, RM Rawon Bik Ati sudah memiliki 2 cabang, masing-masing berada Jl. Embong Ploso 27 (Bambu Runcing belok kiri), timur PMI Surabaya dan Jl. Raya Situbondo (depan TELKOM Ketapang), Ketapang. Jadi, jika Anda sedang melintas Pulau Jawa-Bali atau sebaliknya, bisa juga menikmati nasi rawonnya yang ada di Ketapang (buka 24 jam) tanpa harus pergi jauh-jauh ke Banyuwangi terlebih dahulu.

Menu Utama

Nasi Rawon (Rp. 16.000/ porsi)

Photo Gallery