Pecel Rawon (RM. Pecel Ayu)

RM Pecel Ayu

Menu pecel bagi sebagian besar masyarakat Jawa memang sudah tidak asing lagi, apalagi untuk masyarakat Jawa Timuran. Mulai dari kuli pasar sampai  para pegawai/ karyawan, rasanya tidak ada yang merasa asing dengan menu pecel. Namun bagaimana dengan menu nasi pecel rawon?? Bahkan untuk sekedar membayangkan rasanya saja sudah cukup sulit. Namun tak demikian dengan masyarakat Banyuwangi, menu yang satu ini sudah cukup akrab dan menjadi makanan yang cukup favorite. Bahkan ada warga dari luar kota yang sengaja pergi ke Kota Banyuwangi untuk menikmati kelezatan nasi pecel rawon.

Salah satu penjual nasi pecel rawon yang cukup terkenal di Banyuwangi yaitu, Pecel Ayu. Lokasinya berada di Jl. Adi Sucipto, No. 65, Banyuwangi. Kalau kita dari Penyebrangan Ketapang, arahkan laju kendaraan ke pusat kota Banyuwangi, lokasinya berada di seberang jalan di sebelah KSP Milan, Banyuwangi. Untuk mencarinya cukup mudah, karena rumah makan yang satu ini selalu dipenuhi kendaraan roda 4 yang berjejer di tepi jalan Adi Sucipto.

Kebetulan ketika tim wisatakuliner.com tiba di rumah makan Pecel Ayu suasana masih belum terlalu ramai, sehingga bisa memilih tempat sesukanya. Karena rumah makan ini menyediakan dua pilihan tempat, ada yang di dalam ruangan dan ada juga yang di luar ruangan bagian depan dan samping. Karena memang baru yang pertama kali, kami pun memesan nasi pecel rawon yang hanya ada di Banyuwangi. Tak lama kemudian, sepiring nasi pecel rawon pun diantara ke meja kami. Awalnya, kami kira pecel rawon itu hanya sebuah nama menu makanan yang komposisinya sulit untuk dibayangkan. Namun setelah melihatnya di atas meja, ternyata komposisinya benar-benar nasi pecel yang disajikan bersama rawon dalam sebuah piring.

Nasi pecel yang biasa pada umumnya kita makan disiram dengan kuah rawon dan dilengkapi dengan tahu goreng, empal yang dimasak kelapa (serundeng) dan peyek udang yang gurih. Rasa penasaran pun semakin menjadi-jadi, dengan segera kami pun langsung menyantapnya. Dan ternyata, rasanya memang yahuud banget. Perpaduan antara pecel dan rawonnya benar-benar pas, sehingga menciptakan rasa yang unik dan memang bikin ketagihan seperti kata penjualnya ketika kami baru dating tadi. Tak salah bila banyak masyarakat yang menjadikan nasi pecel rawon sebagai makanan favorite di Banyuwangi.

Sementara kami menikmati kelezatan nasi pecel rawon, para pembeli datang dan pergi silih berganti. Kebanyakan yang datang para karyawan/ pegawai kantoran, bahkan terlihat pula segerombolan bapak-bapak dari Polda yang sedang menikmati menu yang satu ini. Selain nasi pecel rawon, rumah makan yang biasanya sudah mulai melayani para pengunjungnya sejak pukul 6 pagi ini, juga menyediakan nasi pecel, nasi rawon dan nasi campur. Bagi para pengunjung yang ingin datang beramai-ramai tak perlu khawatir, karena tempatnya cukup luas, mungkin mampu menampung ±50 pengunjung.

Menu Utama

Nasi Pecel Rawon (Rp. 9.000)

Photo Gallery