Pecel Ponorogo Hj. Boeyatin

Pecel Ponorogo

Nasi pecel merupakan salah satu menu yang bisa kita jumpai hampir disetiap warung makan yang tersebar di beberapa wilayah, terutama daerah Jawa Timur. Sedangkan untuk wilayah Surabaya, warung nasi pecel yang cukup dikenal dan banyak direkomendasikan yaitu “Nasi Pecel Ponorogo Hj. Boeyatin”. Letaknya di jalan Ketabang Kali 51, depan kali Kayun dan diantara gedung-gedung perkantoran yang merupakan pusat bisnis di Surabaya.

Ketika Saya bersama tim wisatakuliner.com tiba dilokasi, jam sudah menunjukkan pukul 10 pagi. Meski bukan termasuk jam makan pagi atau pun jam makan siang, tapi di dalam warung nasi pecel ini masih terlihat para pengunjung yang datang dan pergi setelah menikmati pecelnya. Kami pun masing-masing segera memesan nasi pecel sesuai dengan selera. Ketika saya sedang memesan, ada juga seorang pembeli yang datang kesini hanya untuk menikmati pecel tanpa nasi. Kelihatannya pembeli yang satu itu sudah terlalu sering datang, sehingga dia langsung memesan pecel dengan porsi jumbo.

Disana terlihat dua ibu beserta semua komposisi nasi pecel dan lauk-pauk yang tertata rapi di atas mejanya. Dengan gesit beliau-beliau melayani setiap pembeli yang datang dan pergi secara bergantian. Karena cara pemesanan langsung dilayani ditempat, jadi kita tidak perlu menunggu terlalu lama untuk menikmati nasi pecelnya, cukup mengantri sebentar. Sama seperti nasi pecel pada umumnya, nasi putih diberi sayuran, ada bayam, taoge, petai cina, dan mentimun yang dipotong kecil-kecil. Kemudian disiram dengan sambal pecel (sambal kacang), kita bisa memilih yang pedas atau yang biasa. Dan tak lupa juga ditambah dengan rempeyek, irisan mentimun, sepotong tempe goreng, sebuah bakwan jagung dan sedikit daun kemangi. Sedangkan untuk pilihan lauk lainnya, ada tahu & tempe bacem, telur dadar, telur asin, ayam goreng, empal, paru, sate telur, otak telur, dan sate (usus, kerang, cecek). Sedangkan untuk minuman yang tersedia, ada sinom, beras kencur dan minuman standar warung pada umumnya.

Warung ini mulai melayani pelanggannya yang juga datang dari luar kota sejak pukul 6 pagi hingga pukul 9 malam. Sedangkan untuk malam harinya juga tersedia nasi rawon. Untuk harganya memang sedikit lebih mahal dari warung nasi pecel pada umumnya sekitar Rp 9.000 dan lauknya dihitung sendiri. Meski ada selisih harga dengan nasi pecel pada umumnya, namun soal rasa warung ini tidak mengecewakan dan patut untuk dicoba.

Menu Utama

Nasi Pecel (Rp. 9.000 - Rp. 20.000)

Photo Gallery