Nasi Tulang Jambal Bu Windi

Nasi Tulang Jambal Bu Windi

Tulang ikan bisa menjadi makanan enak dan buat ketagihan? Tentu saja bisa. Jika sedang berlibur di daerah Bandung kita bisa berkunjung ke sebuah warung makan yang berada di Jl. Ternate 18 Bandung, belakang FO 18th Park dan berseberangan dengan LB LIA Riau. Rumah makan ini memiliki menu andalan Nasi Tulang Jambal.

Di mata orang banyak biasanya tulang ikan jambal yang berbau amis dan sangat asin ini tidak akan menarik jika diolah dan dijadikan sebuah masakan. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk Ibu Windi, pemilik pemilik rumah makan Tulang Jambal. Di tangan beliau, tulang ikan jambal diolah sedemikian rupa sehingga para pengunjung yang singgah ke rumah makannya menyukai tulang ikan tersebut dan membuatnya ketagihan. Kita bisa melihatnya dari jumlah pengunjung yang datang ke warung makan ini yang selalu menyebabkan antrean panjang. Setiap harinya pemilik bisa menghabiskan 400-500 porsi nasi tulang jambal untuk dijual.

Nasi tulang jambal, sesuai dengan namanya memang benar-benar terdiri dari tulang ikan jambal dengan sisa daging ikan yang masih menempel. Kemudian diolah dengan tumisan cabai, tomat dan lada hitam yang menyebabkan tulang ikan menjadi bebas dari bau anyir dan rasa asin yang berlebihan. Kemudian disajikan dengan sambal yang bisa membuat lidah kita kepanasan seperti terbakar. Ditambah dengan nasi putih hangat, tahu tempe dengan hiasan daun kemangi dan mentimun. Sangat pas untuk dijadikan salah satu pilihan menu makan siang.

Sepaket nasi tulang jambal ini dibandrol dengan harga Rp 18.500 untuk setiap porsinya, sedangkan untuk yang dibungkus dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 500 rupiah. Warung makan  ini buka mulai jam 10.00 – 17.00 WIB. Namun kita tidak perlu heran apabila seusai jam makan siang, menu nasi tulang jambal ini sudah ludes tanpa sisa. Tapi jangan khawatir karena rumah makan ini juga menawarkan menu lain, ada ayam goreng dan gepuk dengan sambal puruluk yang rasanya tidak kalah dahsyat dengan menu nasi tulang jambal. Hingga saat ini, warung makan tulang ikan jambal yang dirintis oleh Ibu Windy bersama suaminya ini sudah memiliki beberapa cabang yang tersebar di kota Bandung dan Jakarta.

Menu Utama

Nasi Tulang Jambal (Rp. 18.500)

Photo Gallery