Nasi Totog Oncom

Nasi Tutug Oncom

Sajian yang satu ini merupakan sajian khas orang Tasik, Nasi Tutug Oncom. Nasi Tutug Oncom yang kini sudah mulai dikenal di beberapa kota lain. Kedai milik Ny. Tini merupakan salah satu kedai yang menjual makanan dengan menu nasi tutug oncom, atau yang umumnya disebut dengan “TO”. Kedai yang terletak di jalan Kolektoran/ H. Ikik Wiradikarta ini sudah cukup dikenal, selain rasanya yang enak kedai ini juga sudah berdiri cukup lama. Kedai ini mulai melayani pelanggannya sejak pukul 6 pagi hingga pukul 2 siang.
Nasi tutug oncom terbuat dari oncom yang disangrai atau dipanggang kemudian dihancurkan bersama kencur, jahe dan garam yang kemudian dicampur dengan nasi putih hangat. Disajikan dengan lalapan khas Sunda, ada juga aneka gorengan yang bisa kita pilih sebagai lauk tambahan. Seperti tahu, tempe balut tepung, bala-bala (bakwan), telor ceplok, kerupuk dan juga sambal.
Kalau kita ingin menikmati menu ini pada sore hari, kita bisa datang ke jalan Dadaha yang letaknya tidak jauh dari GOR Susi Susanti. Kedai ini dikenal dengan nama “TO Benhil”, dekat sungai. Kedai ini setiap hari melayani pembeli mulai jam 3 sore sampai jam 7 malam. Pemiliknya bernama Ny. Juju, sudah berjualan sejak tahun 1998. Untuk lauk tambahannya, tak jauh beda dengan kedai milik Ny. Tini. Sedangkan sambalnya ada dua pilihan, ada sambal bajak yang terbuat dari tumisan tomat, kemiri dan cabai merah yang dihaluskan. Pilihan lainnya ada sambal goang yang lebih pedas, karena berisi cabai rawit hijau yang ditumbuk kasar dengan garam lalu disiram minyak goreng panas. Semua dihidangkan dengan lalapan khas sunda.

Juli 2011
Sumber foto : ariep.multiply.com

Menu Utama

Nasi Tutug Oncom

Photo Gallery