Nasi Rames & Nasi Campur Warung Pak Sukir

Nasi Pasar beringharjo

Jalan-Jalan ke Pasar Beringharjo merupakan salah satu agenda wajib kalau sedang berada di Kota Jogjakarta. Selain bisa mendapatkan oleh-oleh khas Jogja dengan harga yang cukup murah, kita juga bisa menikmati berbagai kuliner khas Jogja yang ada di lantai atas. Salah satu kuliner yang sempat Saya singgahi bersama tim wisatakuliner.com yaitu nasi campur di Warung Pak Sukir. Yang namanya di dalam pasar, Anda pasti sudah bisa membayangkan tempat yang tersedia seperti apa. Tentunya cukup kecil, sangat sederhana dan juga tidak terlalu terang dalam soal pencahayaan.

Sebenarnya yang paling digemari di warung ini adalah nasi ramesnya, tapi waktu itu kami memilih menu yang lebih sederhana. Nasi campur dengan lauk yang dipilih sesuai selera, hanya sayur daun pepaya, tempe masak santan cabai hijau dan telur dadar sebagai lauknya. Waktu akan mencicipinya Saya sempat agak ragu, karena Saya tahu dengan pasti kalau daun pepaya itu pahit. Ternyata perkiraan Saya sebelumnya meleset cukup jauh, sayurnya enak, pedas, khas masakan pedesaan yang dimasak di atas tungku dengan arang sebagai bahan bakarnya dan daun pepayanya tidak pahit sama sekali. Pasalnya, daun pepaya ini direbus bersama ampo (tanah lempung), sehingga tidak ada rasa pahit ketika dimasak menjadi sayur. Meskipun menu kali ini sangat sederhana, tapi cukup untuk menjadi menu sarapan di pagi hari.

Ada cukup banyak sayur dan lauk-pauk khas masakan rumahan yang bisa kita pilih sesuai selera, ada sayur jipang (labu), tumis kangkung, sayur lodeh, gudeg, opor, ikan kembung goreng tepung, tahu dan tempe goreng serta iso babat. Untuk minumnya, bisa juga mencoba es campurnya yang menyegarkan. Biasanya warung ini sudah mulai melayani para pembelinya sejak pasar Beringharjo buka sampai sore sekitar jam setengah 4 setiap hari. Dari informasi yang Saya terima, usaha ini sudah mulai dirintis sekitar tahun 1979 di daerah Pasar Shopping. Setelah adanya perubahan infrastruktur, semua pedagang yang ada di daerah itu kemudian dipindahkan di Pasar Beringharjo lantai 4 hingga sekarang.

 

Menu Utama

Nasi Rames & Nasi Campur (Rp. 5.000 – Rp. 10.000)

Photo Gallery