Nasi Krawu Mbuk Tiban

Nasi Krawu Mbuk Tiban

Dalam perjalanan tim wisatakuliner.com dari Surabaya ke kota Malang, kami memutuskan untuk makan pagi di Gresik. Menu yang kami pilih juga sudah pasti, nasi krawu khas kota Gresik pun menjadi tujuan pencarian kami. Ada cukup banyak penjual nasi krawu di kota Gresik yang bisa dijumpai, namun Nasi Krawu Mbuk Tiban yang menjadi tujuan kami kali ini.

Warung Nasi Krawu Mbuk Tiban ada di Jl. KH. Abdul Karim 60, Gresik. Untuk menemukannya agak susah-susah gampang, karena kita harus keluar dari jalan utama kota Gresik. Kalau dari Puskesmas Alun-Alun yang ada di Jl. Pahlawan, arahkan kendaraan menuju Jl. MH. Thamrin, ada belokan ke kanan menuju Jl. KH. Abdul Karim 60, sebelum RSU Penatih, Gresik. Warungnya yang sangat sederhana nyempil di sebelah kanan jalan yang tidak terlalu lebar.

Jam masih menunjukkan pukul setengah 9 pagi ketika kami tiba dilokasi, tapi warungnya yang kecil itu sudah dikerubuti oleh para pembeli. Sang penjual pun terlihat sedang sibuk melayani para pembeli yang mengerubutinya. Meski pada pagi hari dan diterangi dengan sebuah lampu, tapi warungnya terlihat agak gelap. Karena memang ukurannya yang kecil dengan spanduknya yang cukup besar di pasang di depan warung, sehingga menghalangi cahaya masuk ke dalam. Tempat yang kecil tentu saja bukan menjadi masalah besar bagi para pelanggan setianya.

Karena hanya ada dua orang saja yang melayani para pembeli, jadi kalau mau memesan makanan, kita harus mengantri dan membawa makanannya sendiri. Bagi yang belum tau, nasi krawu merupakan nasi putih yang disajikan bersama lauk-pauk yang terdiri dari daging-dagingan yang ditambah dengan srundeng dua warna dan sambal trasi yang berwarna kecokelatan. Biasanya nasi krawu ini disajikan dengan cara dipincuk menggunakan kertas nasi/ koran yang dialasi dengan daun pisang.

Untuk pilihan lauknya cukup bermacam-macam, ada bandeng, empal, otak, lidah, usus dan juga ayam, semuanya bisa dipilih sesuai selera. Kalau untuk rasanya jangan ditanya lagi semua lauk pauk disini sudah diberi stempel lezat oleh para pelanggannya, bahkan sudah teruji oleh waktu dan banyaknya orang yang sudah menikmati nasi krawu ini sejak puluhan tahun yang lalu. Tak hanya orang Gresik yang jadi pelanggangnya, tapi banyak juga para pelanggannya yang datang dari luar kota. Untuk seporsi nasi krawu dibandrol dengan harga 10ribu rupiah. Biasanya warung ini mulai dibuka untuk para pembelinya sejak pukul 7 pagi sampai pukul 5 sore setiap hari.

Menu Utama

Nasi Krawu (Rp. 10.000/ porsi)

Photo Gallery