Nasi Campur Nyak Nyong (Klenteng)

Nasi Campur Nyak Nyong (Klenteng)

Setelah bermalam di Kota Probolinggo dan menikmati suasana malam di kota ini, akhirnya Saya bersama tim wisatakuliner.com harus meninggalkan kota ini. Sebelum meninggalkan kota ini, terlebih dahulu kami mencari menu sarapan yang sudah direcommend oleh beberapa kawan. Dengan berpatokan sebuah Kelenteng dan Pasar, kami pun mulai mencari-cari lokasi yang dimaksud. Setelah beberapa lama kami mencari, akhirnya tempat yang dimaksud ketemu juga. Untuk mencari lokasinya memang susah-susah gampang, kalau untuk menemukan jalannya memang cukup mudah namun lokasi tepatnya yang sedikit menjadi kendala. Tidak ada papan nama ataupun bentuk bangunan yang mengindikasikan bahwa itu merupakan sebuah warung. Menempati sebuah rumah tua jaman dahulu, warung ini biasanya hanya melayani pembelian secara take-away. Tapi kalau kita ingin makan ditempat juga bisama, namun tempat duduk juga seadanya.

Sebenarnya tidak ada nama khusus yang dipatenkan oleh pemiliknya, namun penduduk sekitar akrab dengan sebutan Nasi Campur Nyak Nyong atau Nasi Campur Klenteng. Dalam seporsi nasi campur ini, kita akan menemukan sejumput serundeng, empal kuah, mie, dendeng kemudian disiram dengan kuah santan yang sangat kental dan sedikit sambal di sisi piring. Namun jangan meremehkan si sambal ini, meski hanya sedikit tapi pedasnya bisa membuat air mata keluar. Porsinya memang tidak terlalu banyak banget, tapi karena penggunaan santan yang cukup kental sehingga membuat kita terasa kekenyangan setelah makan. Empalnya cukup empuk dengan bumbu yang kaya akan rempah, sedangkan untuk dendengnya agak sedikit kenyal namun bumbunya benar-benar terasa hingga ke dalam dengan aroma bumbu rempahnya dan gurih.

Untuk dapat menikmati nasi campur ini kita cukup merogoh kocek sebesar 12ribu 5ratus rupiah, dan biasanya jam 5 pagi hari sudah buka. Sedangkan untuk aksesnya sendiri cukup mudah, berada di Jl. WR. Supratman depan Bengkel Las Surya dan berada di Kawasan Selatan Klenteng Probolinggo, sehingga orang-orang terkadang menyebutnya dengan nama nasi campur Klenteng. Kalau Anda tahu Pasar Gotong Royong, sebelumnya ada belokan ke kiri kemudian lurus terus ±150 meter dan Anda akan bertemu dengan sebuah bengkel Las di timur jalan. Warung Nyak Nyong ada di sebelah barat, bangunannya berupa bangunan rumah kuno yang didominasi warna putih dan biru.

Menu Utama

Nasi Campur (Rp. 12.500/ porsi)

Photo Gallery