Nasi Bogana Ny. Pan

nasi bogana ny. pan

Nasi bogana merupakan salah satu makanan khas Tegal, dalam penyajiannya biasanya menggunakan daun pisang sebagai bungkus atau alasnya. Jenis nasi ini pun sudah banyak diperdagangkan di wilayah Ibu Kota. Namun bagi Anda para pecinta kuliner, tentunya akan jauh lebih puas bila bisa menikmatinya di daerah makanan itu berasal. Salah satu rumah makan bogana yang cukup tersohor, bisa ditemukan di Jl. Veteran, Gang Kongkwan, sebelah SD Negeri 5, seberang Klenteng Tegal. Letaknya memang agak masuk-masuk ke gang, namun soal rasa cukup pantas untuk diperjuangkan.

Rumah makan ini bernama RM Ny. Pan, namun orang-orang lebih mengenalnya dengan Nasi Bogana Ny. Pan. Biasanya rumah makan ini mulai melayani para pengunjungnya sejak jam 6 pagi sampai jam 4 sore setiap hari. Tempatnya terlihat sudah berusia berpuluh-puluh tahun, design interior dan perabotnya sudah kelihatan sangat kuno alias jadul abis. Bahkan langit-langitnya masih menggunakan gèdhèk (dari anyaman bambu).

Sesuai dengan julukannya, yang menjadi menu andalannya tentu saja nasi bogana. Nasi yang disajikan berupa nasi kuning yang gurih beserta lauk-pauknya, ada oseng buncis wortel, sambal goreng tahu ampela, kering tempe, abon dan setengah telur pindang beserta suwiran ayam. Selain nasi bogana, ada juga nasi rames kuah, sop ayam, nasi campur (rames kering), lontong cap go meh, ayam goreng, sate ayam dan masih banyak lagi menu lainnya.

 

Menu Utama

Nasi Bogana

Photo Gallery