Nasi Ayam Betutu Bu Kadek Wati, Denpasar

Menu ayam betutu merupakan salah satu menu wajib saat berwisata kuliner di pulau Bali. Banyak penjual nasi ayam betutu yang bertebaran di wilayah Bali, namun tidak semua rasanya cocok & pas dengan lidah kita. Ada yang bumbu rempahnya sangat kuat, terlalu ringan dan hanya beberapa yang pas saat disantap. Salah satu warung nasi ayam betutu yang patut untuk dicoba adalah warung makan milik  Bu Kadek Wati yang berada di Jl. Gatot Subroto Tengah No. 59 D, Denpasar, Bali.

Warung nasi ayam betutu bu Kadek Wati ini gampang-gampang susah untuk ditemukan, karena tempatnya berada di jajaran ruko-ruko, tidak terlalu besar dan tidak ada papan nama sebagai penunjuknya. Tapi tak usah khawatir, untuk mencarinya Anda tinggal berpatokan dengan mencari plang Kacang Rahayu. Karena warung ini tepat  berada disamping Kacang Rahayu yang cukup terkenal bila sudah berada di Jl. Gatsu Tengah. Warungnya sangat sederhana, namun selalu ramai pengunjung mulai warung dibuka sekitar jam 8 pagi sampai jam 3 sore setiap hari. Kecuali hari minggu dan hari besar nasional maupun hari libur untuk wilayah Bali. Namun tak jarang, sekitar jam 1 sudah tutup karena dagangannya sudah ludes laris manis.

Sama seperti warung makan pada umumnya, ketika kita masuk langsung menuju penjualnya untuk memesan. Tapi jangan salah tempat ya? Soalnya di warung ini ada dua tempat untuk memesan nasi ayam betutu. Kalau ingin makan ditempat, kita pesan sama ibu yang melayani di dalam warung. Namun kalau ingin beli untuk dibawa pulang, kita pesannya sama ibu yang ada disamping pintu masuk. Hal ini diterapkan di warung bu Kadek supaya para pelanggannya tidak terlalu lama mengantri sampai pesanan mereka siap, karena tak jarang banyak pengunjung yang membungkus nasi ayam betutu hingga puluhan bungkus.

Nasi ayam betutu yang disajikan disini berisi nasi putih dengan porsi tidak terlalu banyak namun lauknya yang cukup banyak. Ada sayur urap ala Bali, ayam betutu, telur, kacang tanah goreng, mentimun dan sambal matah super mantab yang disusun rapi di atas nasi. Yang pasti perpaduan rasa antara ayam betutu, sayuran, dan sambal matah-nya ajiiib banget. Hanya dengan 8ribu perak kita bisa menikmati nasi ayam betutu yang very yummy ini, recommended untuk dicoba kan??

(Lila, Juli 2011)
Sumber foto : koleksi www.wisatakuliner.com

Menu Utama

Nasi Ayam Betutu (Rp. 8.000)

Photo Gallery