Mie Koclok Panjunan

Mie koclok merupakan salah satu makanan khas dari kota Cirebon, ada cukup banyak para penjual mie koclok yang bisa kita jumpai hampir disetiap sudut kota Cirebon. Tapi Mie Koclok Panjunan disebut-sebut sebagai yang paling khas dan cukup terkenal diantara yang lainnya. Menempati sebuah bangunan yang terlihat cukup tua dengan sebuah gerobak tempat meracik mie kocok ada di bagian samping depan. Dilengkapi juga dengan sebuah spanduk yang bertuliskan “Spesial Mie Koclok Panjungan Cirebon”, sehingga mempermudah kita untuk menemukan lokasinya.

Dari informasi yang kami terima, usaha ini sudah berdiri sejak tahun 1959-an. Dan sekarang ini usahanya dikelola oleh generasi ke-3 yang merupakan blasteran Arab dan Cirebon. Sedangkan Panjunan sendiri merupakan daerah pemukiman Arab dari zaman Hindia Belanda, dan resep dari nenek moyang inilah yang disebut-sebut sebagai ciri khas rasa yang sangat berbeda dengan mie koclok pada umumnya.

Warung yang berkapasitas sekitar ±20 pengunjung ini mulai melayani para pembelinya dari jam 5 sore sampai jam 11 malam setiap hari. Warung ini selalu ramai pengunjung, meskipun hanya menyediakan mie koclok saja. Mie koclok sendiri merupakan mie rebus yang disajikan dengan siraman kuah kental, irisan daun bawang, kol, taoge, telur rebus, suwiran daging ayam, teburan bawang goreng serta merica dan sambal merah di salah satu sisinya. Cara menikmatinya, harus diaduk terlebih dahulu hingga tercampur rata. Rasanya memang cukup unik, gurih, pedas dan sedikit asin terasa nikmat saat disruput bersama kuahnya yang kental. Sebagai teman minum, bisa dipilih teh yang menjadi penawar rasa pedasnya.

Biasanya warung ini jarang sepi pembeli, sehingga kita harus menunggu cukup lama untuk dapat menikmati seporsi mie koclok, bahkan ada yang sampai menunggu di luaran. Selain makan di tempat, banyak juga para pengunjung yang membeli untuk dibawa pulang. Untuk seporsi mie koclok kita cukup mengeluarkan kocek sebesar 7ribu rupiah saja. Untuk lebih memudahkan dalam mencari lokasinya, Anda bisa berpatokan dengan Masjid Merah Panjunan.

Menu Utama

Mie Koclok (Rp. 7.000)

Photo Gallery