Masakan Khas Jawa Warung Sidik

Masakan Khas Jawa Warung Sidik

Setelah menghilangkan penat sejenak dengan pergi ke tempat-tempat wisata yang ada di Kota Batu, kegiatan berkuliner ria pun segera dilanjutkan. Untuk kali ini, Warung Sidik yang ada di jalan Agus Salim No. 47, Batu menjadi tujuan tim wisatakuliner.com. Kalau dari arah Terminal Batu, tinggal lurus saja menyusuri jalan Dewi Sartika ke aarah kanan sampai bertemu dengan perempatan belok kanan menuju jalan Agus Salim, warungnya ada di sebelah kanan jalan.

Warung yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 1948an, dikala Indonesia baru saja terlepas dari penjajahan negara asing. Meski sudah berusia puluhan tahun, warung yang lebih mirip dengan rumah ini masih terlihat rapi dan terawat dengan baik. Warna catnya masih cukup bersih, kelihatanya masih belum terlalu lama kalau memolesnya. Sedangkan ruangan bagian dalamnya cukup luas, mungkin bisa menampung hingga ±40 pengunjung.

Ada begitu banyak menu makanan khas Jawa yang tersaji di warung ini, seperti naso soto, rawon, kari ayam, ayam bumbu, bali telur, gudeg, krengsengan dan masih banyak lagi menu yang lainnya. Dari spanduk yang terpajang, bisa diketahui kalau sop buntut goreng, ayam bakar madu dan pecel rawon yang menjadi menu spesialnya. Namun karena rekan-rekan kurang berselera dengan menu spesialnya, mereka pun memesan makanan yang saat itu diinginkannya. Ada yang pesan nasi rawon, dan ada juga yang pesan nasi ayam bumbu yang ditambah dengan sambal goreng kentang.

Setelah selesai memesan, tak lama kemudian semua pesanan pun sudah sampai di atas meja. Kuah rawonnya lumayan pekat juga dengan irisan daging pure yang cukup besar. Menjadikan nasi rawon untuk menu sarapan di pagi hari memang bukan pilihan yang salah. Perut yang kosong diisi dengan kuah hangat dan kelezatan nasi rawonnya memang pas, perut terasa begitu nyaman. Kalau soal rasa tak perlu ditanyakan lagi, sudah teruji oleh lamanya warung ini berdiri dan para pelanggannya yang tidak bosan-bosan untuk menikmati berbagai hidangannya.

Selain melayani para pembeli yang datang langsong ke lokasi, warung ini juga melayani pesanan berupa nasi kotak, kue basah atau sajian prasmanan untuk berbagai acara. Kalau untuk melayani pengunjung yang datang ke warungnya, biasanya dimulai sejak pukul 6 pagi sampai pukul 7 malam setiap hari. Sedangkan untuk melayani pesanan kue maupun nasi, disesuaikan dengan kebutuhan para pelanggannya.

Menu Utama

Makanan Khas Jawa (Rp. 13.000 – Rp. 27.500)

Photo Gallery