Lotek dan Asinan Kalipah Apo 42

Lotek dan Asinan Kalipah Apo 42

Asinan merupakan salah satu jenis makanan yang bercita rasa asam dan manis. Di setiap daerah dan wilayah selalu memiliki ciri khas tersendiri dalam menciptakan asinan. Begitu juga dengan kota Bandung, asinan khas kota kembang ini bisa didapatkan dari abang-abang yang berjualan keliling, warung lotek, rumah makan hingga kafe keren. Salah satu warung yang bisa dijadikan referensi untuk menikmati asinan khas Bandung yaitu “Warung Lotek dan Asinan Kalipah Apo 42”. Rumah makan yang sudah berusia puluhan tahun ini, sangat terkenal dengan sajian asinannya yang legendaris.

Selain Asinan, kita juga bisa menemukan berbagai jenis rujak dan lotek yang tidak kalah nikmatnya. Ada rujak ulek, rujak campur, rujak banci, rujak tumbuk atau rujak bebeg dan rujak cuka atau asinan bandung. Sedangkan yang menjadi menu andalan disini adalah asinan bandung, namun bukan berarti menu yang lain tidak enak, semua tergantung dengan selera pengunjung saja.

Asinan Bandung disajikan dalam rendaman bumbu cabai, gula dan cuka, sehingga disebut sebagai rujak cuka. Sedangkan racikannya sendiri terdiri dari nanas, pepaya mengkal, jambu air (cincalo), bengkuang, kedondong, mangga muda, irisan kol dan taoge. Buah dan sayuran segar direndam terpisah dalam larutan garam dan cuka, agar terasa renyah saat dikunyah. Kuah Asinan Bandung berwarna merah muda agak kecoklatan, karena memakai pemanis gula aren yang rasanya manis, asin, pedas dan juga asam.

Warung Lotek dan Asinan Kalipah Apo 42 yang terletak di Jl. Kalipah Apo No. 42, Bandung mulai melayani pembelinya mulai jam 9 pagi sampai jam 4 sore setiap hari kecuali selasa. Warung ini juga memiliki cabang yang berada di Jakarta, tepatnya di Jl. Batanghari No. 21.

Menu Utama

Asinan bandung

Photo Gallery