Lontong Cap Gomeh Depot Wijaya

Lontong Cap Gomeh

Lontong Cap Gomeh merupakan salah satu menu yang sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang, terutama bagi masyarakat Tionghoa maupun keturunannya. Menu yang satu ini merupakan salah satu menu wajib yang harus ada ketika perayaan hari Cap Gomeh. Yaitu puncak dari perayaan Imlek yang jatuh pada hari ke-15 dari perayaan imlek secara keseluruhan. Kalau dulu lontong cap gomeh biasanya hanya bisa dinikmati ketika Cap Gomeh tiba, namun tidak demikian untuk saat ini. Kita bisa menikmati lontong cap gomeh setiap saat, karena di daerah Surabaya dan di kota lainnya sudah ada penjual yang menyajikan menu yang satu ini. Seperti kalau kita berkunjung ke Kota Surabaya, kita bisa menikmati lontong cap gomeh Depot Wijaya. Depot Wijaya ini menempati sebuah bangunan yang cukup besar di Jalan Ir. Anwari 7, Surabaya.

Kalau dilihat secara sepintas, bangunan tersebut tidak mirip dengan sebuah depot. Karena bentuknya seperti bangunan rumah besar dengan garasi yang cukup luas, tapi di tepi jalan ada sebuah papan nama sedang yang menunjukkan bahwa rumah tersebut adalah Depot Wijaya. Setelah masuk ke dalam, ada beberapa meja kursi yang tertata dengan rapi. Ruangan cukup luas, mungkin lebih dari 60 orang bisa tertampung di ruangan ini.

Seperti yang sudah Saya katakan sebelumnya, lontong cap gomeh terdiri dari potongan lontong, sambal goreng hati ampela, telur rebus yang digoreng, lodeh rebung, empal dan sepotong daging ayam masak opor. Kemudian disiram dengan kuah opor yang bersantan kental, dan di atasnya ditaburi dengan serbuk koya yang terbuat dari kedelai. Aroma dan rasa santannya begitu kuat dengan rasa gurih dan sedikit rasa manis. Porsinya memang bisa terbilang cukup kecil, tapi hidangan yang dominan dengan kuah santan yang kental ini cukup berat dan membuat perut menjadi kenyang lebih dari yang dibayangkan sebelumnya.

Untuk seporsi lontong cap gomeh dibandrol dengan harga 22.500 rupiah. Biasanya depot ini melayani pembeli dalam dua periode setiap hari, pada pagi buka dari jam 7 pagi sampai jam 2 siang. Sedangkan untuk malam hari, buka mulai dari jam 7 sore sampai jam 9 malam setiap hari. Selain lontong cap gomeh, menu lain yang tersedia ada lontong mi, tim ayam, nasi kuning, aneka botokan, urap, lalapan dan masih banyak menu yang lainnya.

Menu Utama

Lontong Cap Gomeh (Rp. 22.500)

Photo Gallery