Kupang Lontong Om Azy

Rawon IHOK “Al Abror”

Pernahkah Anda mendengar makanan kupang lontong? Kalau belum, Anda sebaiknya meluangkan waktu sejenak untuk singgah ke Kota Sidoarjo. Konon, hanya di daerah inilah kita dapat menjumpai pedagang kupang lontong, ada yang berkeliling ada juga yang menetap. Kalau untuk penjual keliling cukup banyak dijumpai, tapi kalau yang menetap di satu tempat mungkin hanya beberapa saja yang dapat kita jumpai. Salah satu pedagang kupang lontong yang dapat kita jumpai adalah Kupang Lontong Om Azy yang ada di Jalan Raya Wonocolo 30, Taman, Sepanjang, Sidoarjo.

Pada awalnya Om Azy ini juga menjajakan dagangan dengan cara berkeliling menggunakan gerobak motor ke beberapa gang, komplek dan ke dalam kampung-kampung. Hingga pada akhirnya sekitar ±6 bulan yang lalu, Om Azy menetap di depan sebuah musholla Jam’iyyatul Qurro’ Wal Huffadh Indonesia hingga sekarang. Kalau dulu waktu masih berkeliling, aktifitasnya mulai siang hari jam malam sekitar jam 8 malam setiap hari. Tetapi setelah menetap di lokasi yang sekarang, biasanya setelah maghrib (±6 petang) om Azy sudah berada di lokasi hingga jam 12 malam setiap hari kecuali Rabu. Tidak ada atap maupun dinding yang terlihat di sana, hanya beberapa kursi plastik tertata di atas trotoar dan sebuah gerobak motor kecil  yang terparkir di tepi jalan tersebut.

Usaha Om Azy yang bernama lengkap Sufri Abdul Aziz ini terbilang cukup baru, total dari keseluruhan jangka waktu usahanya baru ±1 setengah tahun. Meskipun terbilang cukup baru, tapi soal rasa cukup istimewa dan tidak mengecewakan. Ada rasa gurih, manis, pedas dan menyegarkan di seporsi kupang lontongnya, ditambah lagi dengan sate kerangnya yang semakin melengkapi saat santap. Sama seperti kupang lontong pada umumnya, sepiring kupang lontong terdiri dari bumbu mentah yang diulek langsung di atas piring, potongan lontong, lèntho serut yang kemudian disiram dengan kuah beserta kupang ke dalam piring tersebut. Meskipun kuahnya panas, tapi masih ada rasa kriuk-kriuk dari lèntho yang sudah terendam di dalam kuahnya. Selain melengkapinya dengan sate kerang, kita juga bisa meminta untuk menambah lènthonya yang gurih dan juga renyah.

Untuk seporsi kupang lontong dibandrol dengan harga 6ribu rupiah, lènthonya seribu rupiah dapat 3 buah dan sate kerangnya hanya 5ratus rupiah saja. Meskipun hanya beratapkan langit dan berdindingkan alam, tapi menikmati kupang lontong dengan cara seperti ini juga cukup menyenangkan, kecuali kalau tiba-tiba hujan turun.

Menu Utama

Kupang Lontong (Rp. 6.000)

Photo Gallery