Kepiting Sari Laut Sanur

Depot Sari Laut yang satu ini bukan sembarang depot, walaupun namanya seperti kebanyakan depot yang menjual masakan laut yang ada di emperan atau kaki lima, namun menu yang disajikan di depot yang satu ini sangatlah spesial. Berada di pinggir jalan raya by pass Ngurah Rai Sanur dan berada di sebelah Mc Donald Sanur membuat depot Sari Laut H. Muktar ini mudah ditemukan. Waktu untuk hunting foto dan mencicipi masakan special disini sudah sangat ditunggu-tunggu oleh tim wisatakuliner.com, maklum karena memang doyan, sedang lapar dan tentu saja karena menu spesial yang disajikan disini.

Depot Sari Laut H. Muktar memiliki ruangan yang sederhana, cukup bersih dan mampu menampung sekitar 30 orang. Kebanyakan tamu yang singgah disini adalah penduduk lokal Bali dan turis asing. Jarang turis domestik yang mengetahui kelezatan masakan disini, mungkin mengira masakan yang disajikan rasanya setara dengan depot sari laut yang banyak ditemukan.
Yang menjadi menu andalan disini adalah masakan kepitingnya, sangat top markotop kalau saya boleh meniru kata-kata Pak Bondan untuk menilai rasa. Apalagi yang dimasak asam manis, tambah pesannya yang pedas, wiiiihhhh manteb banget. Kepiting akan disajikan dengan bumbu asam manis yang melimpah, rasanya perpaduan antara manis, asin, gurih, pedas dan enaaaakk banget. Beberapa teman saat ditanya masakan kepiting mana yang enak, mereka menjawab tempat A atau tempat B, tapi begitu diajak mencoba masakan kepiting di sini mereka langsung bilang ini yang is the best. Untuk kepiting yang akan dimasak bisa kita pilih sendiri dan tentu saja kepiting-kepiting yang disajikan disini masih fresh alias masih hidup. Ada 3 jenis kepiting yang bisa dipilih, yaitu : kepiting telur, kepiting laki-laki dan kepiting wandu (banci). Ini beneran loh enga cuma manusia aja yang banci, kepiting juga ada. Rasa dari kepiting wandu ini lebih manis jika dibandingkan dengan kepiting laki-laki. Kalau enga ngerti cara bedain kepitingnya minta tolong aja ke ibu penjual buat pilihin, dijamin pilihannya pasti pas.

Bagi yang takut makan kepiting karena mengingat kolesterol yang berlebih jangan khawatir, disini juga tersedia aneka masakan yang lainnya seperti cumi-cumi, udang, ikan, sayur kangkung dan terong. Untuk ikan nya sendiri adalah jenis ikan-ikan laut yang masih segar walaupun sudah tidak hidup. Saya pernah mencoba ikan yang digoreng garing, rasanya gurih banget. Keringnya merata, asinnya pas dan daging ikannya berasa gurih dan manis. Masih tunggu apa lagi? Buruan kesini buat cobain kepiting yang huenaaak ini.

(Sika, Agustus 2011)
Sumber foto : koleksi www.wisatakuliner.com

Photo Gallery