Ikan Bakar H. Imi

Ciamis cukup terkenal dengan ikan bakarnya, karena kebanyakan pendududknya memiliki dan membudidayakan balong (kolam ikan). Salah satu kedai ikan bakar yang cukup terkenal di kota ini adalah  “Kedai Ikan Bakar H. Imi” yang berada di desa Cigembor. Wilayah ini terletak sekitar 3 km arah timur Ciamis. Kalau kita kebingungan untuk mencarinya, tanya saja kepada salah satu warga, pasti kita akan diberi petunjuk menuju ketempat ini.

Usaha rumah makan tradisional yang dirintis oleh H. Imi pada tahun 80an itu sebenarnya sebuah kebetulan yang membawa berkah. Ibu Nuryani, salah seorang anak H. Imi yang kini meneruskan usaha itu mengatakan, pada awalnya H.Imi hanya berjualan makanan ringan/kecil saja di samping rumah. Kemudian sering dipanggil sebagai juru masak oleh para tetangga ketika ada hajatan, makin terkenal dengan cara mengolah dan memasak ikan bakar. Jadilah ia sering mendapat order para tetangga, khususnya ikan bakar. Kewalahan menerima order ikan bakar, membuat Imi memtuskan untuk membuka warung makan khusus. Keterkenalan akan kelezatan ikan bakar Imi membuat banyak pelanggannya terus berdatangan ke warungnya yang kecil, hingga akhirnya menjadi rumah makan seperti sekarang.

Kedai ini hanya menyediakan dua jenis ikan untuk ikan bakarnya, agar lebih mudah menyediakan bahan segarnya. Ikan yang dibakar memang benar–benar masih segar dan berasal dari balong yang ada di samping kedai ini. Kita bisa memilih yang ukuran sedang atau yang besar, disajikan dengan nasi putih hangat, lalapan daun singkong dan tiga jenis sambal. Ada sambal uleg, sambal kecap, dan sambal kacang. Lalapan daun singkong juga menjadi favorite, selain masih segar rasanya juga agak manis. Sedangkan untuk sambal kacangnya juga berbeda, karena dicampur jahe, kencur dan honje yang membuat rasanya lebih segar dan cukup unik. Selain itu, kedai ini juga menyediakan ayam goreng/ bakar, mendoan, karedok dan tumis kangkung. Namun ikan gurame dan ikan mas bakarnya yang menjadi favorite di kedai ini. kita bisa mengunjungi kedai ini setiap harinya mulai pukul 9 pagi hingga pukul 9 malam.

Menu Utama

Ikan Gurame Bakar & Ikan Mas Bakar

Photo Gallery