Gurami Bakar Depot Kalimantan Bamara

Depot Kalimantan Bamara

Melengkapi perjalanan tim wisatakuliner.com di Kota Pahlawan, kami pun tidak melewatkan untuk menikmati kelezatan gurami bakar Depot Kalimantan Bamara. Depot yang berlokasi di Jl. Purwodadi Raya ini telah berdiri sejak puluhan tahun lalu, kira-kira sekitar tahun 1970an. Dahulunya depot yang hingga kini masih dikelola sendiri oleh Ibu Ijom bersama anak-cucu beserta ±45 karyawan ini, hanya menempati sebuah warung kecil  dan sederhana di daerah Surabaya juga. Seiring berjalannya waktu dan semakin terkenalnya depot ini dengan menu gurami bakar sambal pencit (mangga muda), kini depotnya jauh lebih besar jika dibandingkan dengan ketika masih baru awal buka.

Kalau dulu hanya menyajikan gurami bakar sambal pencit, kini Depot Bamara juga menyajikan berbagai menu khas Kalimantan. Karena Bu Ijom sebagai Sang pemilik memang aslinya berasal dari Banjarmasin Kalimantan Selatan. Sejak tahun 70an, beliau hijrah ke Jawa dan mendirikan sebuah warung sederhana yang kini sudah menjadi depot yang besar. Ketika kami tiba di Depot Bamara, suasana siang itu sudah sangat sibuk. Di dalam sudah ada ratusan kotak nasi yang terjejer rapi, kursi-kursi sudah mulai dipenuhi oleh para pengunjung. Karena ruangannya memang cukup besar, sehingga kami tidak terlalu kesulitan untuk mencari tempat duduk.

Tanpa perlu memperhatikan daftar menu secara teliti, kami langsung memesan gurami bakar sambal pencit. Depot ini memang sangat terkenal dengan menu gurami bakar sambal pencitnya, dan para pengunjung yang datang mayoritas selalu memesan menu yang satu ini. Berbeda dengan penyajian gurami bakar pada umunya, di depot ini guraminya disajikan per paket. Sehingga penyajiannya tidak satu ekor penuh, melainkan sudah di potong menjadi tiga bagian, dan kita bisa memilih kepala, badan atau ekornya.

Tak perlu menunggu lama pesanan akan segera tersaji di atas meja, karena disini ikan sudah diolah sebelum dipesan untuk menghindari pengunjung yang kecewa karena menunggu terlalu lama ikan yang sedang dibakar. Sebelum ikan dibakar dioleskan bumbu terlebih dahulu, sehingga saat dimakan daging ikan terasa gurih. Daging ikan yang telah matang dibakar pun tetap memiliki tekstur yang lembut dan tidak keras. Sebelum ikan dimakan, jangan lupa mencocolnya terlebih dahulu ke dalam sambal pencit. Rasa ikan bakar yang manis gurih ditambah rasa sambal pencit yang pedas asam menjadi sangat lengkap dan pas untuk dinikmati bersama dengan sepiring nasi hangat.

Selain gurami bakar sambal pencit, ada begitu banyak variasi menunya, seperti haruan, ketupat kandangan, buras, soto banjar, pepes patin, sayur tumis dan juga semua jenis bubur Cirebon. Untuk menikmati kelezatan gurami bakar sambal pencit, kita cukup mengeluarkan kocek ±9ribu untuk setiap paket. Biasanya depot ini mulai melayani para pelangganya setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 8 malam. Selain melayani pesanan nasi kotak, depot ini juga menyediakan delievery service untuk para pelanggannya.

Menu Utama

Gurami Bakar + Sambal Pencit (Rp. 9.000/ porsi)