Gultik Pak Kumis Blok M

gultik blok m

Laper di malam hari? Kesulitan cari makan? Gultik bisa jadi pilihan kalian lho. Kuliner legendaris yang konon katanya sudah ada sejak tahun 1980-an ini dijajakan para pedagang kaki lima yang berada di sekitaran Blok M. Mengapa disebut gultik? Karena nama itu diambil dari kata gulai tikungan, bukan gulai tikus lho ya. Tikungan yang dimaksud tepatnya berada di perempatan Jalan Mahakam dan Jalan Bulungan, Jakarta Selatan. Makanan yang satu ini memang paling pas disantap pada malam hari karena gultik baru dibuka pada pukul 4.00 sore dan tutup di jam 12.00 malam.

Nah, untuk kalian yang belum pernah mencoba food street ngehits yang satu ini harus pintar-pintar cari penjual dengan dagangan gultiknya yang paling enak ya, karena banyaknya pedagang yang berjualan, walaupun menunya sama ternyata enaknya belum tentu sama lho. Sementara kalau yang saya kunjungi saat ini bisa digolongkan sebagai salah satu gultik terenak, yaitu gultik Pak Kumis.

Gulai yang merupakan makanan bersantan khas dari pulau Sumatera ini dihidangkan dari daging sapi berikut jeroannya. Yang membedakannya dengan gulai lain adalah kuah santan yang diberikan tidak terlalu kental dan pekat tapi tetap gurih, sehingga ketika dimakan kalian tidak mudah merasa enek atau mahteh tapi malah jadi terasa lebih ringan di mulut.

Selain rasa yang enak, tempat yang strategis juga menjadi alasan gultik disukai banyak kalangan khususnya anak muda. Meski di pinggir jalan, nggak sedikit yang menjadikannya tempat nongkrong bersama teman-teman dan kerabat. Gimana nggak ramai pengunjung, harga gultik juga sangat bersahabat nih. Meski berada di kota besar yang identik dengan kata mahal, untuk satu piring gulai daging sapi beserta dengan nasi putih dan kerupuk kalian cukup merogoh kocek Rp.10.000. Murah banget kan? tapi kalian harus siap nambah ya, karena nggak jarang lho yang memesan gultik sebanyak dua porsi atau lebih demi memuaskan perutnya, seperti  yang saya lakuin. Kurang rasanya kalo hanya memakan satu porsi, jadi nambah satu lagi deh hehe..

(Fena, Agustus 2017)

Menu Utama

Gultik (Rp. 10.000)

Photo Gallery