Es Puter Conglik

Es Puter Conglik

Kalau berkunjung ke Semarang kurang lengkap bila kita belum menikmati es puter yang sudah melegenda di kota ini. “Es Puter Cong Lik”, begitulah mereka menyebutnya. Es puter ini sudah ada sejak tahun 1944. Konon penjualnya keliling kampung sambil mendorong gerobak dan masih sangat muda, mungkin usianya belasan tahun. Sehingga orang-orang menamakannya dengan “Es Puter Conglik(dari Kacong Cilik atau Kacung Kecil)”. Untuk menemukannya kita harus pergi ke Simpang Lima menuju arah jalan A.Dahlan sebelah kanan Klinik Meditama. Tempat ini merupakan cabang es puter conglik yang berpusat di Pasar Semawis.

Kedai tenda ini menawarkan es puter conglik dengan berbagai rasa, pilihannya ada rasa duren, kelapa, coklat dan alpukat. Keempat rasa ini dijamin selalu tersedia disini, sedang rasa lainnya bisa dibuat berdasarkan pesanan atau kalau sedang musim buah tertentu. Seperti leci, kelengkeng, kopyor, kacang hijau, sirsak, blewah dan es teler.

Es puter ini disajikan di atas piring kecil. Khusus untuk rasa durian, akan ditambahkan sebiji durian utuh yang membuat rasa es puter semakin mantab. Tapi kalau kita ingin mencicipi semua rasa, kita bisa minta untuk dicampur semuanya. Tampilannya berwarna-warni plus buah duren dan serutan kelapa muda. Rasa buahnya murni dengan tekstur es yang lembut dan cara membuatnya pun masih tradisional. Kita bisa mengunjungi tempat ini mulai jam 6 sore sampai jam 10 malam. Disana juga tersedia aneka camilan seperti kerupuk tahu, kacang bawang, emping manis, keripik tempe dan lumpia. Es ini juga sering dipesan untuk acara pesta, pernikahan, rapat dan acara lainnya.

Menu Utama

Es puter Conglik (Rp. 7.000 – Rp. 12.000)

Photo Gallery