Empal Bu Warno

Empal Bu Warno

Empal bu Warno adalah menu kuliner Saya selanjutnya setelah soto Pak Gareng. Kali ini untuk memenuhi rasa penasaran teman Saya yang belum kesampean makan empal yang ada di dalam pasar Bringharjo ini. Empal bu Warno memang cukup terkenal di kota Jogja, sayangnya waktu Saya  dan keluarga kesini beberapa bulan yang lalu keluarga dari bu Warno sedang berduka dikarenakan sang ibu telah berpulang. Sekarang usaha empal ini diteruskan oleh generasi kedua yakni anak dari bu Warno sendiri.

Warung Empal bu Warno berada di lantai 2 Los Timur pasar Beringharjo, ini merupakan lokasi warung yang baru. Tempatnya cukup sederhana dan bersih, namun sayangnya hanya cukup menampung kira-kira 10 orang saja. Saat kemari Saya disambut dengan ramah oleh cucu dari bu Warno sendiri yang sedang menjaga ditemani dengan istrinya. Warung bu Warno sejak dulu setia melayani para pelanggannya setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga sekitar pukul 4 sore.

Menu yang mama Saya pesan adalah nasi Empal yang merupakan menu andalan disini. Sebelum disajikan empal digoreng sesaat di dalam minyak mendidih, sehingga saat disajikan masih dalam keadaan panas. Daging empal disajikan dengan ditemani nasi putih, sayur lalap dan tak ketinggalan sambal penambah rasa nyuss saat disantap. Daging empal bu Warno sangat empuk, legit dan tidak alot sama sekali, bagi para orang tua yang giginya sudah mulai ompong tak perlu khawatir kesulitan makan. Rasa empal perpaduan antara manis dengan rasa gurih khas empal, sambalnya juga cukup pedas. Penilaian Saya secara keseluruhan cukup lezat dan recommended untuk dicoba.

Selain empal, Selain menjual empal, warung bu Warno juga menyediakan babat, iso, paru, berbagai macam camilan, seperti kerupuk kulit sapi, abon, berbagai macam makanan ringan dan juga sirup secang yang berfungsi sebagai obat untuk masuk angin. Saya juga mencoba kerupuk kulitnya, rasanya gurih, enak dan tidak berbau amis sapi seperti kerupuk kulit pada umumnya.

Menu Utama

nasi empal (Rp. 19.000)

Photo Gallery