Depot Langgeng

Depot Langgeng

Bagi sebagian besar warga Sidoarjo atau Surabaya, mungkin depot ini sudah tidak asing lagi, bisa jadi depot ini merupakan salah satu depot favorite mereka. Dengan menempati sebuah bangunan yang ada di Jl. KH. Mukmin 67, Sidoarjo, Depot Langgeng dikenal sebagai spesialis sop buntut dan buntut goreng untuk wilayah Sidoarjo. Depotnya cukup sederhana dan tidak terlalu besar, mungkin mampu menampung sekitar 40 pengunjung. Namun depot ini akan terasa jauh lebih sempit lagi kalau jam makan siang telah tiba. Karena tidak ada lahan parkir khusus, ketika jam makan siang tiba, ruas jalan ini akan dipenuhi deretan kendaraan roda empat yang membuat jalan terasa semakin sempit.

Beruntungnya ketika kami tiba dilokasi bertepatan dengan jam makan siang, alhasil kami harus menunggu beberapa saat untuk bisa mendapatkan tempat duduk. Setelah mendapat tempat duduk yang cukup, sop buntut pun menjadi pilihan utama menu kami. Meski depotnya ramai pengunjung, namun pelayanannya juga cukup cepat. Semangkuk sop buntut dengan kuahnya yang bening dan asap mengepul sudah bertandang di atas meja, setelah mecicipi sedikit, rasanya memang mantap. Tapi masih ada yang kurang jika belum ditambahkan pelengkapnya, sedikit sambal, kecap manis dan perasan air jeruk nipis yang menambah kesegaran rasanya. Daging dari sop buntut di sini cukup empuk, tidak berbau amis daging sapi, sedangkan kuahnya kaya akan kaldu sapi tapi tetap jernih dan segar sehingga tidak membuat eneq yang memakannya.

Setelah pengunjung mulai meninggalkan lokasi, kami sempat berbincang-bincang sebentar dengan pemiliknya. Ternyata depot ini sudah berdiri sejak tahun 1970-an, dan setiap hari ±350 porsi sop buntut bisa habis terjual pada hari-hari biasanya. Sedangkan saat weekend atau holiday, penjualannya bisa lebih dari 500 porsi dalam sehari. Selain rasanya yang tak perlu diragukan lagi, harganya juga cukup terjangkau. Hanya dengan mengeluarkan kocek sebesar 23ribu 5ratus rupiah, kita sudah bisa menikmati seporsi sop buntut yang menyegarkan.

Menu Utama

Sop Buntut (Rp. 23.500/ porsi)