Coto Daeng Liwang Yang Enaknya Talliwa’-Liwa’

COTO MAKASSAR

Hai food lovers!
makan bakso baksonya kasar
kalo makan jangan lupa foto
kalau abang jalan ke makassar
jangan sampai lupa makan coto

Coto adalah salah satu makanan khas dan juga paling hits sekota Makassar. Bagaimana tidak, makanan ini adalah yang paling dicari oleh para pelancong dari dalam maupun luar negeri. Selain itu, hal yang membuat coto selalu digemari oleh masyarakat karena makanan ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan terutama bagi penderita Anemia atau kurang darah. Isian coto seperti hati, jantung, daging, dan juga lidah sapi banyak mengandung asam folat yang sangat dibutuhkan oleh penderita anemia. Harganya pun amat sangat terjangkau, hanya berkisar Rp. 10.000 hingga Rp. 20.000 saja.

Nah, berbicara tentang coto ada satu warung coto di Makassar yang selalu ramai oleh pengunjung. Namanya Warung Coto Daeng Liwang. Mengapa dinamakan seperti itu? Karena si pemilik sekaligus peracik bumbu coto adalah Daeng Liwang sendiri. Warung coto ini sudah berdiri sejak 10 tahun lalu, tepatnya di tahun 2007. Masalah cita rasa, tak perlu diragukan lagi. Mulai dari daging yang super empuk, kuah bumbu kacang yang beradu dengan rempah, sambel cobek rahasia yang tiada dua, serta tambahan seledri dan taburan daun bawang yang menarik-narik hidung dan perut untuk segera melahapnya. Jangan lupa, jika melahap coto wajib disandingkan dengan ketupat. Jika di warung coto lain satu ketupat dibandrol dengan harga Rp. 2.000 hingga Rp. 3.000, di warung coto Daeng Liwang satu ketupat hanya Rp. 1.000 saja. Sedangkan untuk cotonya sendiri hanya Rp. 10.000 permangkuknya. Hmmm gimana.. murah bukan?

Tak heran jika warung coto Daeng Liwang ini selalu ramai oleh pengunjung dari jam buka yakni jam 08.00 pagi hingga tutup sekitar jam 22.00 malam.
Jadi, bagi food lovers yang ada di Makassar atau berencana akan ke Makassar, jangan lupa mampir dan rasakan racikan cinta Daeng Liwang yang dituangkan dalam semangkuk coto Makassar yang enaknya Ta’ Liwa-Liwa’ alias enaknya kelewatannnnn. Food lovers bisa langsung menuju kabupaten Gowa, sekitar 30 menit dari pusat kota Makassar tepatnya di Jalan Abdul Muthalib Daeng Narang No.1, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa ini.

(Jidha, Juli 2017)

Menu Utama

Coto Makassar (Rp. 10.000/porsi)

Photo Gallery