Brongkos Warung Ijo Mbok Padmo

Menjelajahi dunia perkulineran tak pernah ada habisnya, setiap daerah selalu memiliki keanekaragaman makanan khas yang mungkin tidak bisa dijumpai di tempat lain. Bila rasa sudah tersebar, dimana pun tempatnya bukan menjadi penghalang yang berarti untuk tetap berburu kuliner. Seperti “Brongkos Warung Ijo Mbok Padmo” yang terletak di dalam Pasar Tempel Sleman, di bawah jembatan Krasak, Jogja.

Bagi pelanggan yang berasal dari arah Magelang, setelah menyebrangi Kali Krasak, kendaran harus putar balik di selatan jembatan. Kemudian mengikuti arah jalan dari Jogja menuju Magelang, karena jalan di jembatan terbagi dua arah berlawanan. Sebelum jembatan, ambil arah ke kiri, ikuti jalan berkelok menuju Pasar Tempel lewat kolong jembatan. Meski letaknya berada di bawah jembatan, para pelangganya tak hanya dari Jogja, namun dari luar Jogja juga. Warung ini merupakan salah satu warung makan yang legendaris, karena telah teruji oleh usia, resep dan cita rasanya. Brongkos Warung Ijo juga termasuk salah satu contoh ketenaran kuliner yang menyebar dari mulut ke mulut.

Tampilan brongkos di warung ini memang berbeda dengan brongkos lain, kuahnya lebih pekat dan tampak berwarna cokelat. Ramuan kluwak dan santan kelapanya yang cukup banyak, membuat brongkos ini lebih mantap, berasa gurih dan tetap ada rasa manis seperti makanan khas Jogja yang lainnya. Brongkos terdiri dari sayur tholo, kulit melinjo dan daging sapi. Bagi yang tidak suka dengan sayur tholo dan kulit melinjo, tetap bisa menikmatinya dengan memilih kuah brongkos dan daging sapi saja. Selain brongkos, warung ini juga menyediakan mangut lele, nasi rames dan ayam goreng. Namun, sejak dulu brongkos sudah menjadi menu andalan yang selalu dicari para pelanggannya. Warung ini mulai melayani pelanggannya setiap hari mulai pukul 8 pagi sampai pukul 7 malam.

 

Menu Utama

Brongkos

Photo Gallery