Bakwan Eddy

Bakwan Depot Eddy

Mencari kuliner khas dari Kota Jember bukan menjadi hal yang mudah, pasalnya para penduduk yang ada di kota ini merupakan para pendatang dari beberapa daerah. Namun kalau mencari tempat makan yang enak, tentu saja kita selalu bisa mendapatnya meski dengan sedikit berputar kesana-kemari untuk menemukan lokasinya. Siang itu, ketika kami sedang menuju salah satu pusat oleh-oleh, ada sebuah warung makan yang cukup ramai. Setelah belanja oleh-oleh, kami pun langsung meluncur ke warung makan tersebut.

Warung yang menempati salah satu ruko di Jl. Gajah Mada No. 167 ini bernama Depot Eddy yang khusus menyediakan bakwan campur. Karena kurang begitu suka bakwan kasar, maka Saya memilih seporsi bakwan dengan isian bakwan halus, yong tahu, siomay basah, kemudian disiram dengan kuahnya yang bening. Selain dengan komposisi tersebut, kita juga bisa menambah usus atau bakwan goreng. Tapi kebanyakan para pelanggan yang sedang menikmati bakwan di depot ini sering menambahkan nasi putih sebagai pelengkap untuk setiap pesanannya. Selain bakwan campur, depot ini juga melayani pesanan khusus seperti bakwan halus, bakwan kasar, bakwan goreng, young tahu, usus, siomay goreng/ basah. Namun sayangnya, bagi umat Muslim menu disini kurang dianjurkan karena mengandung daging babi.

Bakwan halus yang disajikan disini benar-benar terasa lembut dan rasa dagingnya cukup berasa, untuk ususnya juga sangat lembut dan tidak alot sama sekali. Sedangkan untuk yong tahunya terasa mantap dengan ukurannya yang cukup besar, dan bakwan gorengnya juga cukup enak dinikmati secara kering (tidak dicampur ke dalam kuah). Seruput juga kuahnya yang masih polosan secara perlahan-lahan, hemmm benar-benar terasa kesegarannya..

Dari informasi yang kami terima dari Ibu Rismi (Istri Pak Eddy), usaha ini mulai dikelola oleh Pak Eddy sebagai generasi pertama sekitar tahun 1992. Dalam sehari, Beliau membutuhkan sekitar 10 kg daging sapi dan babi untuk membuat  bakwannya. Untuk dapat menikmati kelezatan bakwan di Depot Eddy ini, kita bisa datang ke lokasi mulai dari jam 12 siang sampai jam 8 malam setiap hari. Meskipun tutup jam 8 malam, tapi tidak jarang sekitar jam 5 dagangannya juga sudah habis diburu para pembeli.

Kalau untuk akses menuju lokasi tidak terlalu sulit, karena letaknya tidak jauh dari Alun-Alun Kota Jember. Sebagai patokannya, warung berada di antara deretan ruko Jl. Gajah Mada No. 167 dengan 2 buah papan nama bertuliskan “Depot Eddy khusus bakwan campur” dengan symbol seekor kelinci berbaju biru. Selain itu, di bagian samping depan juga ada sebuah bedag penjual pisang. Biasanya depot yang berkapasitas sekitar 16 orang ini akan ramai pada saat jam makan siang, terkadang membuat kita agak kesulitan untuk mendapatkan tempat parkir.

Menu Utama

Bakwan Campur (±Rp. 23.000)

Photo Gallery