Bakso Seuseupan

Sudah bukan rahasia umum kalau Kota Bogor menjadi salah satu pilihan untuk menghabiskan masa akhir pekan maupun libur panjang bagi sebagian warga Ibu Kota. Selain jaraknya yang tidak terlalu jauh, suasana dan kekayaan kuliner menjadi daya tarik tersendiri untuk singgah ke Kota Bogor. Jadi tidak heran kalau banyak berdiri villa-villa di kawasan puncak, selain itu jalanan menjadi macet pada saat akhir pekan atau liburan panjang. Menikmati aneka kuliner memang sangat menyenangkan, ada beberapa kawasan yang menjadi tempat berkumpulnya warung atau restoran enak di Kota Bogor yang memiliki suhu udara yang cukup dingin.

Kawasan Bantarjati termasuk ke dalam salah satunya, di sepanjang Jl. Bangbarung kita akan menjumpai bermacam-macam rumah makan yang membaur dengan pemukiman. Ada toko oleh-oleh, resto steak, rumah makan hingga para pedagang bakso yang berjejeran. Jalan-jalan ke Kota Bogor rasanya kurang lengkap kalau belum menikmati Bakso Seuseupan. Bakso ini disebut-sebut sebagai bakso paling populer, baik warga Bogor maupun mereka yang datang dari luar kota.

Berlokasi di Jl. Bangbarung No. 3, Bantarjati, Bakso Seuseupan menempati sebuah bangunan yang letaknya lebih rendah dari jalan. Sehingga kita harus menuruni beberapa anak tangga terlebih dahulu untuk masuk ke dalamnya. Meski terlihat sangat sederhana tapi warung ini jarang sekali sepi pengunjung, apalagi kalau akhir pekan dan musim liburan tiba. Kita harus rela mengantri untuk mendapatkan tempat duduk, karena ruangannya memang cukup terbatas. Seperti bakso pada umumnya, disini kita bisa memilih bakso biasa/ halus, bakso urat atau bakso telur. Sedangkan untuk pilihan menunya ada bakso urat special, bakso telur special, bakso kuah, mie bakso, bihun bakso, bakso mie campur, mie ayam serta mie ayam bakso. Sedangkan untuk minuamannya tersedia aneka jus, es campur, es kelapa dan teh.

Dari informasi yang kami terima, ternyata Bakso Seuseupan ini merupakan cabang dari Bakso Seuseupan yang berada di pertigaan Tapos, Jalan Raya Puncak Seuseupan II, Desa Bendungan, Ciawi, Bogor. Warung Bakso milik Pak Umar ini sudah mulai dirintis sekitar tahun 1980-an, mulai dari berjualan menggunakan pikulan berkeliling, mangkal menggunakan gerobak dorong hingga sekarang sudah memiliki tiga lokasi untuk memasarkan baksonya. Selain di Pertigaan Tapos dan Jl. Bangbarung, ada juga yang berlokasi di Pertigaan Gunung Batu.

Setelah menunggu beberapa waktu, akhirnya seporsi bakso telur special yang terdiri dari 3butir bakso ukuran sedang sudah tersaji di atas meja. Saat menyurup kuah bening yang bertabur seledri dan bawang goreng, terasa gurih dan asinnya pas. Dan setelah membelah baksonya, ternyata berisi telur puyuh sehingga ukurannya tidak terlalu besar. Rasanya lembut dan kenyal, sebenarnya dari tadi cukup penasaran dengan tambahan komposisi bakso yang tidak pernah dijumpai pada bakso pada umumnya. Setelah mengunyahnya terasa gurih dan renyah meski sudah terendam dalam kuah, ternyata potongan lemak yang digoreng hingga kering dan berwarna kecokelatan. Tapi rasanya tidak tidak seperti lemak, yang ini tastenya lebih nikmat. Pantas saja bakso seuseupan tidak pernah sepi pengunjung, meskipun tanpa menambahkan kecap, saus, garam atau cuka rasanya sudah cukup puas. Tapi kalau ingin rasa pedas tentu saja harus menambahkan sambalnya. Selain jaminan kualitas rasa ternyata Bakso Seuseupan juga menjamin kehalalan baksonya, terbukti dari sertifikat halal LPPOM MUI yang tertempel pada dindingnya.

Menu Utama

Bakso Telur Spesial (Rp. 13.000)

Photo Gallery