Babi Guling Bu Oka

Tak lengkap rasanya jika melewatkan wisata kuliner saat berkunjung ke kampung turis Ubud. Bagi tim wisatakuliner.com merupakan suatu keharusan untuk mampir sejenak dan menikmati masakan khas Bali yang satu ini, Babi guling bu Oka, disebut sebagai babi guling (suckling pig) karena cara memasaknya dengan cara dipanggang dengan diputar-putar atau diguling-gulingkan. Warung Babi Guling bu Oka sudah ada sejak tahun 1970.

Selain rasanya yang enak dan nikmat yang menjadi daya tarik dari Babi Guling bu Oka ini adalah cara memasak babi guling yang cenderung rumit dan memakan waktu lama. Pertama Anak Babi yang akan dimasak harus dibersihkan dengan air hangat dan dikeluarkan bagian perutnya terlebih dahulu. Setelah itu diisi dengan bumbu tradisional Bali yang akan membuat rasa daging menjadi gurih serta dicampur dengan sayur daun singkong. Kemudian dipanggang dengan cara memutar daging babi yang telah ditusuk dengan bambu selama 5 jam atau sampai daging matang. Saat memutar daging babi ini haruslah dengan berhati-hati agar kulit babinya tidak terasa pahit karena terbakar, selain itu api tidak boleh mati ataupun terlalu besar. Daging babi yang telah matang ini kemudian dipotong-potong dan disajikan dengan sayuran yang dimasak secara bersamaan juga.

Warung Babi Guling milik bu Oka tidak pernah sepi dari pengunjung setiap harinya. Terbukti ketika ingin menikmati sepiring nasi babi guling, tim wisatakuliner.com harus rela menunggu karena tidak ada meja yang kosong. Setelah selesai makan pun tidak bisa duduk terlalu lama karena sudah ada beberapa orang yang menunggu untuk mengambil alih meja, apalagi saat itu jam makan siang. Wajah-wajah turis domestik dan mancanegara tak berhenti berseliweran di warung sederhana ini. Warung ini buka dari pukul  11.00 hingga pukul 18.00, tapi biasanya sebelum pukul 18.00 sudah habis, apalagi saat musim liburan.

Untuk menikmati  1 porsi babi guling campur yang berisi daging babi yang disuwir, sosis babi, daging babi kering, kulit babi kering, sambal dan tak ketinggalan sayur daun singkong ini tim harus meroggoh kocek sebesar Rp. 55.000. Harga yang sesuai dengan kelezatan yang diberikan dari babi guling yang tiada duanya ini.

Menu Utama

Guling (Rp. 55.000)

Photo Gallery