Babi Goreng Sambal Matah di Warung Cahaya, Seminyak

warung cahaya kuta

Mungkin sebagian dari kalian banyak yang belum tahu tentang keberadaan warung yang satu ini. Memang warung yang sudah berdiri sejak 5 tahun ini tidak tourisity meski tempatnya berada di daerah kumpulnya para turis atau wisatawan lokal yang berlibur ke Bali. Selain karena letaknya yang agak ke dalam, warung yang dicat serba putih ini juga memiliki bentuk fasade dan sign name yang sederhana dan tidak terlihat mencolok. Hmm.. pantas saja tidak banyak yang tahu lokasinya.

Namanya warung Cahaya, menurut pak Made si pemilik warung, gagasan mendirikan tempat perkulineran babi sambal matah ini datang dari sang istri yang ingin mengangkat kuliner lokal. Nama ‘Cahaya’ sendiri diambil dari nama anaknya.

Untuk menemukan tempat kuliner ini kalian hanya perlu melewati jalan Sunset Road kemudian berbelok ke kanan setelah lampu merah  yaitu jalan Nakula kemudian belok kiri ke arah jalan Dewi Ratih, warung Cahaya tepat berada di kanan jalan. Tidak perlu bingung mencari lokasinya, karena dari arah jalan Nakula saja warung ini sudah terlihat lho.

Dari parkiran terlihat sepi pengunjung, tapi jangan sampai tertipu penampakan luarnya, ya! karena begitu masuk ke dalam, kursi makan di dalam ruangan sudah terisi penuh. Tapi pak Made dan asisten warung makannya ini ternyata menyediakan tempat makan di belakang warung lho. Pantas saja pengunjung disini tidak perlu khawatir lagi kalau tidak kebagian tempat makan di dalam warung.

 Ramai kan? kalau sudah ramai dan punya banyak pelanggan ini cita rasa menu makan yang ada disini sepertinya tidak perlu diragukan lagi. Di warung Cahaya ini sendiri, seporsi babi goreng bisa wisatakuliner.com  rasakan dengan ketebalan daging babi yang terasa empuk dibalut dengan  sambal matah yang bisa di-request sendiri kadar pedasnya.
Cara memesannya kalian diharapkan pergi ke meja counter cashier langsung, kalau bayarnya bisa langsung saat memesan atau setelah makanan selesai disantap, ya. Kemudian kalian akan diberikan nomor meja pesanan (ini biasanya membantu asisten pak Made untuk mengantar pesanan ke meja pembeli). Tapi kadang kalian harus sabar ya! karena seringkali pesanan lama sampai ke meja makan, ini karena jumlah asisten pak Made tidak banyak.

Kalian yang tidak bisa membeli babi goreng bisa memilih menu lain yang ada disini seperti nasi goreng, mie goreng, ayam goreng dan beberapa menu tambahan lainnya.

Harga seporsi babi goreng sambal matah ini yaitu Rp. 30.000 sampai Rp. 35.000. Harga yang lumayan dengan porsi makan yang sangat cukup mengenyangkan. Untuk tekstur daging babi ini agak sedikit keras dan daging banget jadi tidak ada samcan (daging, kulit, lemak dalam tiap potongan) babi yang dimasak. Begitu sampai di lidah rasa nikmat dagingnya terasa sampai di akhir gigitan. Belum lagi dengan tambahan sambal matahnya yang dijamin membuat selera makan kalian jadi bertambah.  Untuk crispy pork (babi goreng) ini ada dua varian sambal yaitu dengan sambat matah yang jadi primadona dan dengan bawang bombay. Sekedar info ya, kalau memilih tambahan sambal matah lebih baik memesan es teh hangat karena bisa menghilangkan bau bawang yang melekat lama di lidah.

(Novita, November 2017)

Menu Utama

Babi Goreng Sambal Matah (Rp. 30.000-Rp. 35.000)