Ayam Betutu Bu Lina Gilimanuk Cabang Kuta

Liburan ke Bali rasanya belum lengkap kalau nggak mencoba salah satu kuliner khas daerahnya, bener nggak? Makanya kali ini tim wisatakuliner.com berkunjung ke salah satu warung makan yang terkenal dengan menu ayam betutunya. Makanan khas Bali yang berasal dari kabupaten Gianyar ini udah buka cabang dari setahun yang lalu di daerah Kuta, tepatnya di dalam pertokoan Kuta Indah Permai. Nggak susah kok nyari kuliner yang satu ini, kalian cukup mencari warung yang berwarna serba hijau dan ada di sebelah kiri kompleks pertokoan Kuta Indah Permai jika dari jalan raya Kuta. Mungkin kalian lebih akrab dengan nama Ayam betutu Bu Lina Gilimanuk, yup! Tempat yang kami kunjungin ini cabang pertama yang ada di Kuta dengan pusatnya di Gilimanuk. Dulu ayam betutu cuman disajikan diwaktu upacara keagamaan ataupun upacara adat aja, tapi sekarang ayam betutu banyak dijual dan bisa kalian temuin dimana aja, termasuk di warung yang dituding punya rasa rempah dan pedas yang khas ini.

Setelah pesan satu porsi ayam betutu yang ukuran ¼ ekor, wisatakuliner.com langsung mencari tempat duduk yang masih kosong. Warung yang satu ini emang nggak seramai di Gilimanuk, tapi bisa membuat kalian bernostalgia dengan rasa ayam betutu bu Lina di Gilimanuk. Tampilan cabai berserakan yang memenuhi seluruh bagian ayam *ini bikin nahan nafas*, rasa pedasnya yang ngajak disco di dalam lidah, apalagi rasa gurih rempahnya yang kerasa banget. Bener-bener satu unbeatable combination!

Ayam betutu Bu Lina Gilimanuk ini menggunakan satu ekor ayam kampung utuh lho! Pertama-tama bagian isi perut dan jeroannya dihilangin. Terus bagian kulit ayamnya dilumuri bumbu olahan kemiri, cabai, jahe, bawang merah, bawang putih, dan lainnya. Bumbu rempahnya ini benar-benar meresap ke dalam daging. Tekstur dagingnya lembut banget, sampai gampang copot dari tulangnya. Satu porsi ayam betutu ini juga disajikan lengkap dengan plecing kangkung, sambal matah, kacang goreng, dan nasi hangat. Untuk menjaga originalitas dari pendahulunya, jadi ayam betutu ini didatangkan dua hari sekali dari pusatnya di Gilimanuk menggunakan box container. Selain ayam betutu, disini juga ada beberapa menu pilihan yang bisa kalian pilih sesuka hati (eitss..tapi bayarnya jangan sesuka hati kalian dong, hehe….)

Warung ini juga nyediain paket ayam betutu yang terdiri dari: 4 botol air mineral, 1 ekor ayam betutu, 4 nasi dengan harga satu paket Rp. 150.000. Pilihan yang lumayan nih buat kalian yang datang bareng rombongan. Nah, buat kamu yang lagi berlibur di daerah Kuta, Ayam Betutu Bu Lina Gilimanuk ini wajib kalian singgahin 🙂

(Novita, Juli 2017)

Menu Utama

Ayam betutu 1/4 ekor: (Rp. 35.000/porsi)

Photo Gallery