fbpx
30.6C
Denpasar, ID
Monday, April 23, 2018
Home Tempat Wisata Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng

0

Weekend merupakan salah satu waktu yang selalu dinanti-nanti oleh sebagian besar para pekerja maupun pelajar. Waktu dimana kita bisa terbebas dari segala rutinitas yang menyita sebagian besar tenaga dan fikiran kita setiap harinya. Untuk menikmati saat weekend, ada berbagai pilihan yang bisa kita lakukan, bisa bermalas-malasan di rumah, memanjakan diri dengan spa atau refleksi, shopping, berkebun, berwisata atau malah menyelesaikan pekerjaan rumah yang sempat terbengkalai saat weekday, kalau untuk pilihan terakhir semoga saja tidak terjadi. Namun kalau menurut Saya pribadi, weekend selalu menyenangkan bila diisi dengan mengunjungi salah satu tempat wisata yang mengandung unsur-unsur alam. Selain bisa lebih dekat dengan alam, fikiran juga bisa jadi lebih tenang dan juga dapat menambah pengetahuan.

Taman Kyai Langgeng di Jalan Cempaka 6, Magelang, bisa menjadi salah satu alternative untuk menghabiskan weekend, lokasinya sekitar 1 km ke arah Selatan kalau dari Pusat Kota Magelang. Dinamakan Taman Kyai Langgeng karena di dalam taman ini terdapat makam seorang pejuang bernama Kyai Langgeng. Kyai Langgeng adalah salah seorang pejuang pada masa perang Diponegoro yang berlangsung sekitar tahun 1825 – 1830 M. Untuk mengenang jasa-jasanya kemudian nama Kyai Langgeng digunakan sebagai nama obyek wisata ini.

Dengan menempati tanah seluas ±28 hektar, Taman Kyai Langgeng memiliki beberapa koleksi flora dan fauna tropis yang sudah langka. Seperti Cempaka Ganda (Mycelia Campaca), Dewa Daru (Eugenia Sp), Apel Bludru (Diospiros Rabbola), Nagasari (Mesua Ferrea), Matoa (Pometia Pinata Ireigfost), Ruser (Arthocarpus Sp), Lobi-Lobi (Flacouritia Inermis Roxb), Keben (Baringtonia Asiatica) dan masih banyak lagi jenis flora langka lainnya. Sedangkan untuk fauna ada Rusa, Menjangan, Ayam Hutan, Buaya, burung elang dan masih ada beberapa jenis fauna lainnya.

Selain keanekagaraman flora dan faunanya, Taman Kyai Langgeng juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung lainnya. Seperti perpustakaan, gubuk kaca (rumah kaca), area olah raga, hutan wisata, kolam renang, pondok wisata, gelanggang pemancingan, taman lalu lintas, rumah apung, tempat santai (joglo pandan arum) dan area bermain go cart, kereta air, kereta mini, becak air, jet coaster, komidi putar, bianglala dan juga permainan yang memacu adrenalin, seperti flyng fox atau arung jeram. Untuk dapat memasuki area Taman Kyai Langgeng, kita cukup membayar tiket sebesar 10ribu rupiah untuk setiap orang. Kalau pada hari libur, biasanya kita bisa juga menikmati beberapa hiburan lain, seperti orkes dangdut, melayu, reog, kuda lumping dan orkes music khas daerah. Setelah puas menikmati berbagai fasilitas di Taman Kyai Langgeng, sebelum meninggalkan lokasi kita bisa membeli oleh-oleh di toko cinderamata atau membeli buah tropis di pasar buah tropis.

Banner 01

*Mulai tanggal 1 Januari 2018 ada penyesuaian/kenaikan Harga Tiket Masuk & Unit Permainan. HTM weekday hari SENIN hingga JUMAT 24.000/orang. Hari SABTU, MINGGU, dan Hari Libur Nasional 30.000/orang. HTM Khusus Lebaran, Natal, dan Tahun Baru 35.000/orang

Alamat Lengkap di Google Maps

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here